Opini

Sekumpul kebiasaan

Masih terngiang dalam ingatan pesan sebuah buku dimana kehidupan yang kita jalani adalah sekumpul kebiasaan. Apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan hanyalah pengulangan. Misalnya kita bisa bawa sepeda, itu berawal dari belajar mengayuh dengan pelan, lalu jatuh dan kemudian kita ulang lagi dari awal. Hal itu terus berulang sehingga kita bisa mengendarai sepeda ditengah keramaian.

Bila bicara soal kebiasaan ini, saya jadi teringat dengan kelamnya masa lalu akibat kecanduan rokok. Kebiasaan merokok saya mulai sejak sekolah dasar, itu karena coba-coba. Kebiasaan itu berlanjut sampai menginjak bangku kuliah. Namun, pada akhirnya saya berhasil mengubah kebiasaan merokok pada tanggal 11 November 2007. Sejak itu saya berhenti merokok. Jika dihitung sampai tahun ini, lebih kurang sudah sepuluh tahun saya terbebas dari nikotin.

Itu artinya saya bisa menimpa kebisaan buruk menjadi kebiasaan baik. Sejujurnya ini adalah salah satu hal membanggakan yang pernah saya lakukan dalam kehidupan. Betapa tidak, saya mampu mengalahkan dorongan buruk yang ada dalam diri sendiri. Dorongan buruk itu berupa keinginan merokok. Rasanya seperti menemukan kunci untuk merubah kehidupan diri sendiri.

Selain itu tidak dipungkiri peran Allah atas keberhasilan saya berhenti merokok. Tanpa izin dari Nya, mungkin saya tidak akan bisa berhenti merokok sejauh ini. Ini adalah prinsip terpenting atas kebaikan apapun yang dilakukan oleh setiap manusia. Selanjutnya keberhasilan diukur dari seberapa besar ikhtiar kita untuk berubah menjadi lebih baik.

Momentum keberhasilan berhenti merokok itu kembali menghampiri saya. Pada suatu waktu, saya bertanya pada diri saya sendiri. “Jika mengubah kebiasaan merokok saja saya bisa, kenapa saya tidak bisa membiasakan diri berjamaah setiap shalat lima waktu”. Pertanyaan itu terus menghampiri saya. Memang jalan hijrah itu tidak muduh. Butuh tekad yang kuat untuk mampu istiqomah.

Semoga Allah memberi anugerah dan hidayah kepada kita setiap muslim untuk dapat menunaikan ibadah shalat berjamaah. Amin

Iklan

4 thoughts on “Sekumpul kebiasaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s