Opini

Pada akhirnya harus memilih

Pada akhirnya seorang laki-laki akan dihadapkan pada pilihan antara pekerjaan dan keluarga. Tanggung jawab seorang laki-laki sebagai pencari nafkah dalam keluarga. Oleh karena itu, suatu waktu pilihan itu akan datang bagi setiap laki-laki. Meskipun kerja dan keluarga dapat berjalan seiring, tatap saja salah satu harus diprioritaskan.

Terkadang saat pulang kerja, orang tua begitu lelah, sehingga untuk memeluk anak saja tidak sempat. Seringkali waktu yang seharusnya bersama anak terbuang sia-sia karena orang tua malah sibuk dengan smartphone. Itu artinya keluarga bukan prioritas utama.  

Lantas ada juga orang tua yang memprioritaskan keluarga dibandingkan pekerjaan. Dimana mereka berhenti bekerja secara formal dan fokus mengurus rumah tangga. Sayangnya masih banyak juga yang nyinyir jika menemukan ibu yang berstatus ibu rumah tangga. Sebab banyak yang mempersepsikan IRT dengan stigma yang rendah.

Padahal kualitas seorang menusia itu ditentukan oleh pendidikan di rumah. Makhluk pertama yang dihadapi oleh anak adalah ibu dan ayah, dari situlah interaksi awal bermula. Ketika sumbernya baik, maka hasil akhirnya juga baik. Jadi, laki-laki yang memilihkan profesi istri mereka sebagai IRT karena keluarga adalah prioritas. 

Disisi lain tak sedikit yang mencibir jika seorang ibu memilih karir sebagai prioritas. Mereka yang mencibir tidak tahu apa pertimbangan seorang laki-laki memberikan pilihan kepada istrinya untuk memprioritaskan pekerjaan. Tentu konsekuensi pilihan ini selalu ada dan pasangan tersebut sudah mempertimbangkannya.  

Akhir kata, suatu saat nanti pilihan antara keluarga dan pekerjaan itu akan datang. Tentukan pilihan karena masing-masing kita mempunyai pertimbangan. Bila sudah ada pilihan, lupakan komentar orang lain. Sebab apapun yang dipilih merupakan jalan takdir yang sedang kita ukir.

Iklan

4 thoughts on “Pada akhirnya harus memilih

  1. setuju mas..setiap orang punya alasan tersendiri ketika menentukan pilihan, kebenaran datang dari sudut pandang masing”..yang menjalani mungkin lebih tau karena dia mengambil keputusan menurut keadaan yang sedang dialami..jadi ikuti alur-Nya sajalah insyaAllah ada jalan…(kaya lagu) 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s