Opini

Sejauh Mana Batas Kemampuan

Adakah yang tahu sejauh mana batas kemampuan. Atau ada bisa menimbang sampai berapa kadar kesanggupan? Manusia memang dituntut untuk berusaha sampai batas kemampuan. Tapi sampai manakah batasnya? Apakah sampai kata menyerah? .

Tidak. Menyerah bukan ujung dari sebuah usaha. Bisa jadi dibalik menyerah telah terhampar tujuan yang dicari. Satu langkah lagi,  satu tahap lagi dan satu usaha lagi dan setelah itu kesuksesan menanti. Karena menyerah semua usaha yang telah dilakukan sirna seketika karena tidak melewati langkah terakhir menuju kesuksesan. 

Jadi,  kalau menyerah bukan batas usaha, lalu apa? 

Seberapa banyak kita berjumpa orang-orang yang hidup dengan keterbatasan. Mereka berjalan dengan tangan dan ada yang menulis dengan kaki. Seberapa sering kita mengenal orang-orang yang berjuang melawan keadaan yang tidak mereka harapkan. Mereka banting tulang untuk mencari sesuap nasi. Coba tanya pada mereka sejauh mana batas kemampuan. 

Ada kala saya merasa seperti orang yang tidak bersyukur ketika melihat seseorang yang tanpa kaki tengah mengais rezeki. Sementara saya yang punya kaki ini tidak mensyukuri rezeki yang diperoleh. 

Melihat daya juang mereka bertahan hidup membuat saya berpikir apa yang membuat mereka bergerak melampaui batas kemampuannya. Jika kaki merupakan alasan untuk berjalan, maka ia tidak akan mampu berjalan. Tanpa alasan ia bergerak menggunakan segala potensi yang ada dalam dirinya.  

Jadi, saya berpikir sesungguhnya kita memiliki segala potensi tapi jarang disyukuri. Sehingga muncul tembok yang bernama “batas”. Saya merasa batas kemampuan adalah saat Tuhan berkata “cukup”, dan serahkan segalanya pada Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Iklan

2 thoughts on “Sejauh Mana Batas Kemampuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s