Opini

Skip Challenge 

Skip Challenge merupakan tindakan yang menurut hemat saya adalah suatu hal yang amat bodoh. Mungkin remaja sekarang menyebut dengan tantangan, permainan atau entah apalah, yang jelas tantangan ini sekarang kembali viral. Konon hal ini sudah lama dilakukan oleh sebagian orang yang telah kehilangan akal sehat. Skip Challenge dilakukan dengan menekan dada dan menghambat laju pernafasan

Awalnya saya gak terlalu peduli dengan tren satu ini,  sebab saya berpikir ini mungkin tren sesaat,  seperti tren om telolet om,  mannique challange dan lain-lain. Ah,  paling nanti hilang sendiri.  

Namun,  karena secara tidak sengaja melihat video skip challenge di instagram yang dilakukan remaja sekolah.  Maka saya kaget dan geleng-geleng kepala.  Kenapa kaget?  Sebab dalam video tersebut remaja yang melakukan skip challenge tertawa terbahak-bahak.  Saya heran, dimana sih lucu nya? Kenapa sih mereka ketawa? 

Padahal teman mereka terlihat hampir pingsan dan kejang-kejang.  Remaja yang ada dalam video tersebut malah ketawa-ketiwi. Apanya yang lucu dek? Apakah kalian sudah kehabisan ide dan kreatifitas untuk ketawa. 

Secara pribadi saya kesal melihat video tersebut.  Seiring dengan itu, sebagai seorang ayah saya merasa khawatir atas tindakan remaja tersebut.  Sebab,  saya berpikir bagaimana kita sebagai orang tua menghindarkan anak-anak atau keponakan kita dari perbuatan yang tidak baik seperti skip challenge dan lain-lainnya.  

Mereka tumbuh pada zaman dimana arus informasi dan teknologi internet berkembang begitu pesat.  Bagaimana kita bisa menumbuhkan sikap memilah kepada anak atas informasi yang mereka peroleh dari internet. Tentu dengan memilih informasi dan konten yang bermanfaat dan positif.

Jika tantangan skip challenge ini tidak diantisipasi dengan baik oleh berbagai pihak baik orang tua,  sekolah dan pemerintah.  Maka bisa jadi remaja kita akan tumbuh sebagai remaja yang gagal paham. 

Iklan

6 thoughts on “Skip Challenge 

  1. Ngeri banget tuh skip challenge, kayak main-main sama maut menurutku Jo. Bahaya. Abege sjrg memang latahan Jo, klo ga ikutan ga keren katanya. Duh adek-adek keren boleh, tp bego jangan yaaa…

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s