Opini

35 Tulisan 

Waktu terus berputar dan tahun pun sudah berganti. Apa yang kita lakukan tahun sebelumnya tinggal kenangan. Hari ini adalah jembatan menuju masa depan. Apakah kita mampu lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Hari-hari pertama di tahun baru masehi ini jadi momentum untuk merfleksikan dan intropeksi diri.  

Setelah saya ulur blog ini kebawah, berjumpalah sebuah fakta bahwa di tahun 2016 saya hanya mampu posting sebanyak 35 tulisan. Untungnya setiap bulan selalu ada postingan walau hanya satu tulisan. Pencapaian tersebut tidaklah menggembirakan. Bukan hanya menulis,  blogwalking pun turun drastis. Ditambah intensitas membaca yang berkurang.  

Hal tersebut membuat saya merasa tahun 2016 adalah tahun yang merugi bagi saya dalam menulis.  Tapi kondisi tersebut bukan jadi penghalang untuk bangkit.  Mungkin saya hanya perlu mengidentifikasi masalah dan kendala yang dihadapi. Selain rutinitas pekerjaan,  mungkin motivasi menulis di tahun lalu terasa pudar.  

Sepertinya saya butuh suntikan semangat dari diri sendiri.  Semoga dengan hadirnya Rindu,  saya bisa terdorong untuk makin produktif dalam menulis. Minimal lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  

Di tahun 2017 ini saya berharap dapat mengisi waktu senggang dangan hal-hal yang bermanfaat, misalnya menulis.  Di tahun ini pula saya bisa merangkai kata dengan sebebas-bebasnya tanpa ada tekanan. Bisa membaca buku sebanyak-banyaknya.  Dan yang paling penting adalah bisa berkumpul dengan keluarga. 

Iklan

3 thoughts on “35 Tulisan 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s