Ngepos via Hape

Menempatkan Waktu Sesuai Haknya

Oleh : Wesya Wimala
Setiap orang memiliki waktu yang sama, yakni 24 jam dalam sehari. Namun yang membedakan hanya cara menggunakan dan menyikapinya. Ada orang yang memanfaatkan waktu luang dengan hal berguna. Tetapi ada juga membuang-buang waktu yang dimilikinya. 
Menggunakan waktu sesuai dengan haknya adalah sebuah prinsip dalam kedisiplinan. Ketika berjanji untuk datang pukul 7 pagi, maka jangan pernah terlambat. Keterlambatan adalah sebuah cara bagaimana seseorang tidak bisa menempatkan sesuatu sesuai dengan haknya. 

Mungkin kita suka marah jika hak kita dizalimi orang lain. Misalnya, gaji kita dipotong oleh atasan tanpa alasan yang jelas. Trus ada motor yang naik jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki. Atau kita suka kesal kalau ada kendaraan yang jalannya melawan arus. Itu semua merupakan bukti seseorang tidak meletakan segala sesuatu sesuai dengan haknya. Akan tetapi apakah kita pernah marah pada diri sendiri bila kita berjanji selalu mengingkari. 

Sama halnya seperti tubuh yang mempunyai hak untuk beristirahat. Bila malam tiba maka tubuh meminta haknya untuk istirahat. Apabila hak tersebut tidak terpenuhi maka sudah tentu tubuh akan merasakan sakit bila tidak diberikan haknya. Mana bisa sesorang tidak tidur selama sebulan berturut-turut. 

Begitupun dengan waktu, ketika kita tidak menempatkan sesuai dengan haknya tentu yang mengalami kerugian adalah diri kita sendiri. Ada orang yang diberikan waktu luang yang banyak, ada juga yang diberi kesibukan untuk mengisi waktunya sehingga tidak ada ruang untuk berleha-leha. Jadi, menempatkan waktu sesuai dengan haknya adalah sebuah kebiasaan yang tidak mudah, kerena kebiasaan tersebut butuh perjuangan untuk membiasakannya. Semoga kita tidak termasuk golongan yang rugi karena lalai dengan kesempatan waktu yang kita miliki. Amin.

Iklan

6 thoughts on “Menempatkan Waktu Sesuai Haknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s