Ngepos via Hape

Jika Tempat Ibadah Kita Dibakar

Apapun alasannya, jika kalian berpikir pantas merusak dan membakar rumah ibadah orang lain. Maka saat itulah kalian membenarkan rumah ibadah kalian pantas dibakar oleh umat lain. Jika kalian berpikir tempat ibadah sendiri tidak boleh dirusak, tapi tempat ibadah orang lain boleh, itulah kemunafikan yang sesungguhnya. 

Kekerasan bukanlah jalan keluar, sebab segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara baik-baik dan damai. Agama apapun tidak mengajarkan untuk merusak tempat ibadah orang lain. 

Tragedi pembakaran vihara dan kelenteng di Tanjung Balai Asahan telah merusak nilai-nilai toleransi. Bahkan merusak nilai-nilai agama. Tuhan telah menciptakan manusia dengan perbedaan, tapi perbedaan bukan halangan untuk menjalin persatuan.

Belajar dari tragedi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat di negeri ini amat mudah dihasut oleh kabar yang tidak sesuai dengan fakta. Apalagi dengan keberadaan media sosial yang mudah diakses oleh siapapun, tapi sebagian masyarakat belum siap dengan kemajuan teknologi. Salah satu indikasinya adalah mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengecek ulang berita yang dibacanya, apakah sesuai fakta atau tidak. 

Celakanya, pasca pembakaran tempat ibadah tersebut malah muncul berita yang semakin tidak jelas. Entah bersumber dari mana, berita tersebut terkesan bernada menghasut dan memperkeruh suasana. Seolah-olah membenarkan apa yang terjadi di Tanjung Balai Asahan, padahal mereka tidak tahu apa sesungguhnya terjadi disana. 

Sebagai bukti hadirnya negera di tengah kehidupan masyarakat, maka pelaku dan provokator harus dijatuhkan hukuman yang setimpal. Kedepannya semoga pengrusakan rumah ibadah apapun tidak terulang lagi di negeri ini. Bagaimana perasaan kita jika tempat ibadah kita yang dirusak dan dibakar. 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s