Ngepos via Hape

Berbagi Hidup Di Negeri Ini

Pengusiran pengikut Ahmadiyah di Bangka dan heboh kelompok Gafatar belakangan ini telah menyedot perhatian kita. Sikap toleransi berbangsa menjadi pertaruhan bagi Indonesia. Negara dituntut untuk bersikap bijak dan adil.

Meskipun aliran tersebut melenceng dari ajaran Islam, bukan berarti pengikutnya tidak berhak tinggal di negeri ini. Tanpa toleransi kita mungkin tidak akan pernah hidup tenang. Setiap orang mempunyai hak untuk memilih apa yang mereka yakini, negara berkewajiban menjamin hak tersebut selama berada pada koridor hukum yang berlaku.

Jangankan orang yang berkeyakinan, orang yang tak percaya pada Tuhan sekalipun mempunyai hak untuk hidup di bumi ini. Soal keyakinan itu adalah urusan mereka dengan Tuhan. Namun realitas yang terjadi di tengah masyarakat berkata lain, orang yang tidak sepaham dengan mereka tidaklah boleh hidup berdampingan.

Sebagian masyarakat dapat menerima orang-orang yang berbeda agama, tapi mereka tidak bisa menerima orang yang seagama tapi berbeda pemahaman. Mereka menganggap hal tersebut penistaan agama.

Bisa jadi kita masih berpikir bahwa pelangi itu indah bila sewarna. Mungkin saja kita menganggap Tuhan yang mereka percaya berbeda dengan Tuhan yang kita yakini. Makanya ada yang menduga surga hanya dihuni oleh orang-orang berkacamata sama.

Umat Islam itu diikat dangan tali persaudaraan, meskipun berbeda suku bangsa dan warna kulit. Kalau pun ada saudara yang tidak sepaham dengan kita bukan berarti diusir dari rumah tempat kita dilahirkan. Sementara mereka yang non muslim itu bagaikan tetangga. Kita harus menghormati tetangga supaya hidup damai dan nyaman. Bila kita sakit dan saudara kita jauh, bukankah yang pertama membantu adalah tetangga.

Jadi mari kita berbagi hidup di bumi ini. Tuhan tidak menciptakan bumi untuk satu kelompok atau satu keyakinan saja. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s