Ngepos via Hape

Tak Perlu Marah

Sekalipun marah bisa menyelesaikan masalah, maka saya tidak akan menggunakannya. Ada banyak pintu yang bisa mengeluarkan masalah yang dihadapi tanpa marah. Tak ada alasan untuk memilih pintu amarah. Sebab kita punya kemampuan untuk mengarahkan masalah agar keluar di pintu yang lain.

Marah itu seperti kuda liar, jika tidak bisa menunggangi maka kita akan jatuh. Kita hanya perlu melatih kuda tersebut supaya jinak agar bisa ditunggangi. Begitupun dengan marah, kita bisa mengelolanya supaya tidak mudah meledak dikala emosi tidak stabil.

Ingat. Jika kamu marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah, bila belum reda maka berbaring, jika belum tenang maka berwuduklah. Hal ini menegaskan bahwa marah bisa dikendalikan. Marah bisa dikelola supaya tidak merusak organ di dalam tubuh.

Memendam dan mengelola marah adalah dua hal berbeda. Memendam marah sama halnya menyalakan api dalam kotak besi yang tertutup, hasilnya tentu akan melelehkan besi itu sendiri. Sedangkan mengelola marah seperti menyalakan api di tungku, akan menghasilkan energi yang bermanfaat.

Tuhan tidak pernah menciptakan manusia pemarah. Tapi manusia itu sendiri yang memilih dikuasai kemarahan yang selama ini tak dikenalinya.

Iklan

2 thoughts on “Tak Perlu Marah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s