Ngepos via Hape

Jangan Berhenti Merokok

Tak terasa delapan tahun sudah berlalu, masa yang tidak bisa dibilang singkat bagi saya untuk merdeka dari tembakau. Sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga delapan tahun yang silam, saya dijajah oleh rokok. Sebuah kebiasaan yang berawal dari coba-coba.

Saya percaya setiap perokok itu memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Sayangnya tidak banyak yang bisa mewujudkan keinginan tersebut. Malah semakin mencandu dan makin parah. Sehingga kecanduan mengubur setiap niat mereka berhenti dari pengaruh nikotin.

Hidup ini hanyalah sekumpulan kebiasaan. Merokok merupakan salah satu kebiasaan, begitupun dengan tidak merokok juga merupakan sebuah kebiasaan. Jadi, kita tidak akan pernah bisa mengubah kebiasaan, tapi kita bisa menimpali kebiasaan tersebut menjadi kebiasan yang baru.

Apa bedanya “kebiasaan merokok dangan kebiasaan tidak merokok.” Dua-duanya merupakan kebiasaan, sehingga yang diperlukan hanya mengalihkan pikiran dari merokok jadi tidak merokok.

Memang untuk mengganti sebuah kebiasaan itu tidaklah mudah. Butuh kemampuan yang kuat, yakni mampu mengalahkan diri sendiri. Dengan mengontrol pikiran kita sendiri agar tidak ada kata rokok yang terlintas dalam pikiran.

Kuncinya sederhana, jika ingin terbebas dari rokok maka jangan berhenti merokok. Tapi dimulai dengan membuang keinginan merokok dari dalam pikiran. Bila pikiran sudah tak terbesit untuk merokok, maka kebiasaan nanti akan beralih menjadi kebiasaan tidak merokok.

Delapan tahun yang lampau, saya melakukan hal demikian. Tepat di tanggal 11 november, sehingga di setiap tanggal tersebut selalu saya kenang dalam bentuk tulisan. Menulis semua hal tentang rokok dan manfaat meninggalkan candu nikotin pada tiap tanggal tersebut.

Iklan

2 thoughts on “Jangan Berhenti Merokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s