Ngepos via Hape

Masih Suka Nulis

Suatu hari, seorang teman bertanya pada saya. “Masih aktif nulis Gus?”. Saya terperanjat dengan pertanyaan tersebut. Rasanya seperti disambar petir yang tiba-tiba mengusik pikiran. Pertanyaan sederhana yang membuat saya sadar bahwa sudah hampir satu bulan lebih blog ini gak di update.

Dulu ia tahu saya suka nulis, setelah sekian lama tidak berjumpa ia menanyakan apakah saya masih menyukai hal yang sama. Secara tidak langsung ia bertanya apakah saya orang yang konsisten. Apakah saya bersungguh-sungguh dalam menekuni sesuatu yang menyenangkan. Menulis bagi saya adalah hal yang menyenangkan. Jika, itu menyenangkan kenapa masih saja melalaikannya.

Mungkinkah selama ini saya terjebak pada kesibukan atau telalu larut dalam kesedihan. Bisa jadi saya mudah menyerah dengan keadaan, seperti susahnya sinyal internet dan kelelahan sepulang kerja. Semua itu hanyalah alasan yang besumber bukan pada diri saya.

Padahal masalahnya ada pada diri sendiri. Ketika jarang nulis itu berarti kesalahan saya, bukan keadaan. Seperti halnya anda telat masuk kantor karena alasan macet. Kesalahan bukan pada macetnya, tapi pada anda yang telat berangkat dari rumah. Kalau macet kenapa gak berangkat lebih cepat agar tidak telat sampai di kantor.

Menyalahkan keadaan merupakan sikap yang tidak bisa membuat kita mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak elok rasanya menyalahkan keadaan karena akan membuat kita tumbuh menjadi seorang yang tidak bertanggung jawab. Bukankah setiap hal yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan suatu saat nanti.

Iklan

13 thoughts on “Masih Suka Nulis

  1. nice quote…yup, dulu saya begitu, blog saya tinggalkan karena lebih asyik dengan Med sos lain yang kurang berguna buat diri sendiri, saya sudah mulai meninggalkan medsos dan kembali ke Blog , blog walking dgn sesama wordpresser luar negeri, ahh ternyata lebih berguna…saya mulai sadar untuk kembali mengutamakan menulis di blog. salam kreatif pagi !

    Suka

  2. Maaf, maksud saya blogwalking dengan semua bloger, dalam dan luar negeri, banyak ilmu yang didapat dan semuanya lebih santun dalam menanggapi suatu masalah. salam πŸ™‚

    Suka

  3. hasrat nulis kadang memang naik turun ya, sama kaya iman, hhe. Btw saya juga ngalemin hal serupa. semoga tetap istiqomah nulis ya Jo…

    Suka

  4. Menulis semestinya menyenangkan, setidaknya itulah judul post yang pernah saya tulis beberapa tahun yang lalu. Saya sangat menikmati waktu-waktu membuat tulisan di blog, dan juga tidak mau tertekan karena belum membuat tulisan dalam waktu yang cukup lama. Karenanya saya juga tidak pernah lagi memaksakan harus post something karena sudah lama tidak nge-post.

    Menulis di blog adalah media berbagi, dan mungkin juga media berekspresi. Bukan pekerjaan utama, bukan juga sumber penghasilan.

    Nikmati saja Jo πŸ˜‰

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s