Ngepos via Hape

Es Kosong

Pada prinsipnya jika air dipanaskan maka takdirnya akan jadi uap, bila air didinginkan maka akan jadi es. Kalau sebuah benda jatuh ke air, maka benda itu akan basah. Begitulah takdir air, zat yang amat dibutuhkan oleh manusia.

Bicara air, maka tidak bisa dilepaskan dari bulan ramadhan. Biasanya orang yang puasa berbuka dengan air, entah itu air mineral maupun air dalam bentuk lain yang sudah diracik dalam berbagai bentuk makanan, misal kolak, cendol dan sebagainya.

Lebih segar lagi bila air yang kita minum dicampur dengan es supaya dingin. Nah, es ini beragam juga macamnya. Ada es kristal ada as batu dll. Biasanya yang sering terdengar itu adalah es batu. Kalau di kampung saya, es batu ini disebut juga dengan es kosong. Gak tau sih kenapa sampai dibilang es kosong. Mungkin es nya gak ada isi kali yak.

Satu hal yang selalu membuat saya khawatir beli es batu adalah sumber airnya. Apakah berasal dari air mentah atau air yang sudah masak. Kalau airnya dimasak, tentu rugi donk sebab harga batu es gak seberapa, tapi biaya untuk masaknya amat mahal. Jadi saya berasumsi air yang digunakan adalah air mentah.

Bila airnya sudah difilter sesuai dengan standart kesehatan seperti air galon, ya gak masalah sih. Tapi jika airnya langsung diambil dari air PAM atau air sumur, maka inilah yang membuat saya galau. Sembari menyimpan sebuah pertanyaan, sehat gak sih air mentah itu didinginkan menjadi batu es.

Waktu beli es batu, saya agak segan juga nanya ke pedagang sumber air yang digunakan. Takut menyinggung perasaan si penjual, apalagi beli es cuma satu biji.

Celakanya, sewaktu berbuka puasa tadi saya mengalami kecelakaan karena es batu ini. Pas mau pecahkan es tersebut menggunakan palu, yang terpukul bukan es nya tapi tangan saya pemirsa… aduhhhh sakitnya minta ampun. Meskipun gak mengalami cedera yang serius, tatap aja sakit. Mungkin lagi gak fokus karena seharian belum minum… hehehe..

Iklan

13 thoughts on “Es Kosong

  1. Kurang minum aqua makanya ga fokus itu uda ajooo haha..oiya, happy wedding ya DaAjo, maaf baru kasih ucapan sekarang…semoga jadi keluarga yang dirindu syurga, langgeng sampai dunia akhirat, sakinah ma waddah wa rahmah aamiin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s