Ngepos via Hape

Cara Mudah Menghitung Harta Yang Kita Miliki

Sifat dasar dari harta adalah berpindah tangan. Sementara sifat dasar dari pengguna harta adalah menahan dan menafkahkan (menggunakan). Harta yang dimaksud disini adalah sesuatu yang bernilai materi. Misalnya seperti uang, rumah, mobil, tabungan, emas dan segala benda yang bernilai materi.

Sudahkah kita mengukur seberapa banyak harta yang dimiliki? Jika belum, mari tengok cara mudah menghitung harta yang kita miliki.

Dalam ilmu financial planner sangat disarankan mencatat berapa expense (pengeluaran) kita dalam sehari atau sebulan. Sekarang begitu banyak aplikasi expense yang tersedia di smarthphone salah satunya adalah expense manager, jadi kita bisa mencatat pengeluaran setiap hari.

Tentu tidak semua orang punya waktu mencatat hal sepele tersebut, sehingga cara mudah menghitungnya adalah mengakumulasikan dalam satu bulan. Itupun dilihat dari berapa pengeluaran dalam satu bulan dengan mengurangi total penghasilan atau gaji yg diterima dalam satu bulan tersebut.Β 

Jika penghasilan kita dalam satu bulan 5 juta sementara total pengeluaran semuanya sebesar 3 juta, maka akan sisa sebanyak 2 juta. Nah dari hitungan tersebut, berapakah harta yang kita miliki? 5 juta, 3 juta atau 2 juta?

Ayo, siapa yang menjawab 2 juta? Silahkan tunjuk tangan, eh berkomentar. Atau mungkin ada yang jawab 5 juta.

Rumus untuk mengukurnya adalah “kita akan dimiliki oleh harta jika kita menahanya dan jika kita menafkahkannya harta itu jadi milik kita“. Jadi jika ada uang yang kita simpan atau tabung di bank, maka itu bukanlah harta kita tapi jika menggunakan uang tersebut untuk membeli sesuatu sesuai kebutuhan maka itu adalah harta kita yang sesungguhnya.

Sementara sisa uang yang belum digunakan adalah titipan yang kita tidak tahu siapa pemiliknya. Bisa jadi uang itu milik orang lain atau milik ahli waris jika seandainya kita meninggal.

Begitupun dengan yang lain seperti rumah, mobil, motor, emas dan sebagainya. Misalnya, motor yang kita pakai merupakan harta kita. Namun, harta ini suatu saat akan berpindah tangan. Baik pindah secara terpaksa seperti di curi orang dan atau pindah secara sukarela.

Oleh karena itu, Nabi berpesan pada kita bahwa rezeki itu apa yang kita makan sampai habis, apa yang kita pakai sampai lapuk dan apa yang kita sedekahkan. Di luar dari ketiga hal itu bukanlah rezeki atau harta yang kita miliki.

Jadi, berapakah harta yang kita miliki? Silahkan hitung sendiri ya, berapa yang sudah kita gunakan dan berapa yang sedang kita tahan. Lalu silahkan cek kembali apakah yang kita gunakan sudah benar atau belum dan apakah harta tersebut diperoleh secara baik atau buruk.Β 

Iklan

22 thoughts on “Cara Mudah Menghitung Harta Yang Kita Miliki

  1. Kita memang mesti menghitung apa yang kita punya alih-alih menghitung milik orang lain (dan menjadi iri terhadapnya), taoi kita juga tak boleh semacam terlalu posesif begitu ya, Ajo :hehe. Maksudnya, kita tidak boleh merasa apa yang kita punya itu betul-betul milik kita dan kita tak mau berbagi… karena hanya dengan berbagi kita membuktikan kalau kita memiliki sesuatu :)).
    Membekas sekali, Ajo :)).

    Suka

  2. Dulu sekali aku niat untuk menghitung pengeluaran per bulan sampai ke detail-detailnya. Tapi lama-lama kok malas dan ribet sendiri. Jadilah sekarang dihitung secara global aja. Alias tinggal berapa pemasukan di setiap bulan dan dilihat berapakah yang bisa ditabung darinya. Sisanya artinya adalah pengeluarannya, hahaha πŸ˜†

    Suka

      1. Lebih mudah dan tidak banyak memakan waktu. Lagian kalau dipikir2 untuk apa juga tahu persis berapa banyaknya pengeluaran untuk makan siang per bulan, misalnya, lengkap sampai satuan ratusannya πŸ˜† .

        Suka

  3. Berarti hartanya yang tiga juta itu ya Ajo? oh, oke. Kayaknya mulai sekarang kudu mendisiplinkan diri, pertanggungjawabannya besar euy. Btw Ajo apa kabar? Saya sudah menghilang setahun dari dunia blog, sudah lama “tak jumpa” Ajo hehe/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s