Ngepos via Hape

Smartphone Tanpa Social Media

image
Seorang Wanita Sedang Mengunakan Smartphone

Mulai malam ini sampai waktu tak ditentukan, samartphone dalam genggaman saya akan terbebas dari aplikasi social media (socmed). Baik itu facebook, twitter, path, instagram dan aplikasi socemd lainnya. Alasannya sederhana, pengen fokus menulis dan membaca. Sebab selama ini dua hal tersebut selalu diganggu oleh keinginan membuka socmed. Selain itu pengen nguji diri sendiri, sejauh mana saya bertahan tanpa social media.

Padahal dilingkungan sekitar saya, begitu banyak orang-orang yang gagap teknologi. Mulai dari tingkat akut sampai pada tingkat yang paling rendah. Pada tingkat akut, mereka sama sekali tidak kenal dengan teknologi. Jangankan kenal internet, mau nelpon aja kagak bisa pencet nomor yang akan ditelpon. Sementara gagap teknologi pada tingkat rendah adalah punya smartphone canggih tapi buat facebook dan BBMan doank. Ditanya soal aplikasi yang lain sih jawabnya tahu, tapi tak tahu cara memfungsikannya.

Jangan duga orang seperti ini sudah tak ada di sekitar kita. Bila kita mau sedikit meluangkan waktu melihat disekeliling, kita akan menemukan orang tersebut. Jadi, gak perlu khawatir hidup akan hambar tanpa social media. Dengan menemukan mereka, kita akan paham bahwa kita tetap bisa bahagia tanpa social media.

Dalam hal ini, saya bukan anti teknologi dan anti internet.
Di zaman sekarang, internet sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Bahkan internet digunakan oleh hampir semua kelompok idealisme untuk menyebarkan pemikiran mereka pada dunia. Bahkan kelompok fundamentalisme pun menggunakan internet sebagai medan untuk memperjuangkan paham mereka.

Teknologi internet sangat berkembang begitu pesat, apalagi didukung dengan perangkat keras yang harganya kian terjangkau bagi semua kalangan. Tanpa dukungan dari perangkat keras yang kian murah tersebut, mungkin internet hanya dicicip oleh orang yang berduit saja. Kini siapapun bisa mengkases dan menikmati kemajuan teknelogi ini.

Namun, ketika kemajuan tersebut menghalangi kita untuk mengembangkan diri maka sudah saatnya mengevaluasi diri, apakah yang salah? Apakah kita yang salah atau teknologi itu sendiri yang telah menerkam diri kita. Seharusnya internet mempermudah, bukan malah terkurung dalam tempurung internet yang membuat kita tidak dapat mengembangkan diri.

Jadi, dengan terhapusnya segala macam aplikasi socmed di smartphone, saya berharap mempunyai banyak kesempatan untuk ngeblog, blogwalking, nulis, baca, ngaji dan belajar di alam maya dan alam nyata tanpa diselingi oleh aktifitas di social media.

Iklan

20 thoughts on “Smartphone Tanpa Social Media

  1. Socmed itu kadang addictivr banget, Mas. Baru dibuka sedikit eh sudah lupa waktu. Kalau begitu memang mesti pintar tahan-tahan diri, sih :hehe. Saya pun, sekarang sudah tidak terlalu aktif di socmed–betul apa yang Mas bilang, harus perbanyak bloggingnya :hihi. Dapat ilmu!

    Suka

  2. Teteh kalau ada “colekkan” dr teman/saudara baru buka Fb, tp kadang buka Fb hanya lihat sekilas saja sih hehe

    Posting dan blogging sering pake Hp malahan, baca Qur’an juga, cari resep..dan main game deh hehee

    Apapun selalu punya dua sisi ya Ajo.. Tergantung sisi mana yg akan kita gunakan, mudah2an sisi yg bermanfaat ya…

    Suka

  3. Semoga bisa kesampaian banyak baca dan banyak nulisnya Jo. Kalo trmen saya nyebutnya lotech. Low technology user. Dia ada smartphone tapi dipakenya low profile banget.

    Suka

  4. Perlu dicoba tuh hapus aplikasi socmed di smartphone, sementara ini baru ngurangi penggunaan.
    Kadang keasyikan interaksi didunia nyata harus terganggu gara-gara pada asyik buka socmed :O

    Suka

  5. Wahh saya belum bisa menulis (posting) tulisan di blog pakai hape…tulisannya kecil-kecil…terpaksa nunggu nulis di desk top. dan biasanya sampai rumah sudah capek, karena Jakarta makin macet aja.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s