Ngepos via Hape

Perayaan Imlek di Selatpanjang

image
Keliling Dengan Becak

Tinggal di negeri yang hampir sebagian besar berpenduduk tionghoa saat imlek itu cukup berkesan. Salah satunya adalah menyaksikan perayaan masyarakat tionghoa menyambut pergantian tahun imlek dengan konvoi keliling kota selatpanjang menaiki becak.

Konvoi nya bukan cuma sehari aja lho, tapi selama seminggu berturut-turut sejak hari pertama di tahun imlek. Tradisi ini sudah mereka lakukan bertahun-tahun yang lalu, tak terkecuali di tahun ini. Beruntung saya bisa menyaksikan gegap gempita masyarakat tionghoa di kota selatpanjang pada tahun ini.

Dalam satu becak biasanya diisi minimal dua orang dan maksimal bisa mencapai 6-8 orang. Bacak tersebut sebetulnya motor yg dimodifikasi untuk empat orang. Sebab, di hari biasa becak digunakan sebagai alat transportasi masyarakat. Disini tidak ada angkot ataupun taksi. Kalaupun ada yang bilang taksi, itulah becak motor yang disebut dengan taksi oleh sebagian masyarakat.

Ongkos berkeliling dengan becak saat perayaan ini sekitar 10 ribu per orang. Kalau yang naiknya ramai, ongkosnya bisa nego. Biasanya abang tukang becak mematok harga 50-60 ribu untuk satu kali keliling. Bisa ditawar menjadi 30 ribu untuk enam orang penumpang. Rute keliling nya tidak terlalu jauh, sehingga abang becaknya bisa 4 kali dalam waktu satu jam. Jadi abang becaknya bisa dapat 100 ribuan per hari.

Nah, saat berkeliling dengan becak ini warga tionghoa membawa persedian air. Ada yang airnya dibungkus dalam plastik, ada yang dimasukan ke ember, ada yang berupa air mineral gelas dan ada pula yang pakai pistol air. Saat berkeliling itulah mereka saling menyiram dengan air. Mereka saling lempar air, bahkan di jalanan warga tionghoa juga ikut menyiram orang-orang yang berkonvoi.

Meskipun mayoritas yang konvoi anak-anak dan remaja, namun banyak juga orang tua yang juga ikutan. Biasanya konvoi dimulai sekitar kurang dari jam lima sore dan berakhir sekitar jam setengah tujuh. Menariknya konvoi ini berlangsung tiap hari selama satu minggu ini. Inilah salah satu hiburan di sore hari saat imlek berlangsung di selatpanjang.

Iklan

23 thoughts on “Perayaan Imlek di Selatpanjang

  1. Perayaannya mirip Songkran di Thailand ya Bro, semprot-semprotan air :hehe.
    Keren, artinya tidak perlu jauh-jauh ke Negeri Siam buat main Songkran :hihi.

    Suka

  2. Baru membaca yang tradisi siram2an air, mirip sekali dengan tradisi Thai ya. Trim ya Ajo berbagi keragaman budaya ini.
    Duduhh sayang koq lupa buang gelas kemasan di jalanan ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s