Ngepos via Hape

Simbol Manusia Yang Melampaui Batas

Saya tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari ini. Pagi selalu menyimpan misteri. Banyak hal yang kemungkinan terjadi, salah satunya adalah bisa jadi hidup akan berakhir di hari ini.

Ingatkah bagaimana kisah firaun di akhir usia. Ditengah laut yang terbelah, ia menyesali perbuatannya. Namun, sayang taubat firaun tidak lagi diterima disisi Nya. Terlambat sudah, penyesalan di akhir hayat tidaklah berguna. Sepenggal kisah tersebut dapat menjadi pelajaran yang amat berharga.

Firaun adalah simbol manusia yang melampaui batas. Apapun itu, entah itu baik atau baru, tidak boleh sekalipun melampaui batas. Sesuatu yang baik sekalipun, jika melampaui batas akan berdampak merusak pada diri sendiri. Salah satunya adalah makan dan minum secara berlebihan, siapakah yang sanggup meminum air sepuluh ember dalam sehari. Begitupun firaun, ia menganggap dirinya adalah tuhan.

Tanpa disadari dalam diri kita muncul sikap-sikap firaun. Merasa sombong, berbuat zalim pada diri sendiri dan sikap-sikap buruk lainnya. Yang membuat kita berbeda dengan firaun adalah waktu. Jika firaun terkunci hatinya hingga tutup usia, maka mudah-mudahan kita masih terbuka hati untuk selalu ingat pada Tuhan Sang Pencipta Alam.

Saya merasa setiap hela nafas ini seperti irama taubat yang tak terhingga. Setelah penyesalan itu datang, tiba-tiba muncul godaan untuk melakukan kesalahan yang sama. Inakah rupa setan yang tak pernah lelah menggoda manusia.

Hanya kepada Allah tempat kami berlindung atas segala kehidupan di dunia dan akhirat. Semoga Dia memberikan petunjuk dan jalan yang lurus untuk kita semua.

Iklan

9 thoughts on “Simbol Manusia Yang Melampaui Batas

  1. iya betul, esok itu adalah misteri, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi.
    jadi memang harus selalu instropkesi diri ya, kata, sikap, dan perbuatan kita, apakah masih dalam koridor yang ditentukan Allah atau mulai melenceng ke kanan kiri

    Suka

  2. Aduh Jo. Makasih banget ya. Lama gak mampir kemari langsung dapet pengingat yang makjleb langsung tepat sasaran banget. Merasa berlebihan di satu dan lain hal sih saat ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s