Ngepos via Hape

Tahun Lalu dan Tahun Ini

Setiap orang ingin menjadi lebih baik, namun sayang kata “baik” seringkali dijadikan kamuflase untuk menutupi sisi buruk dalam diri seseorang. Bagaimana mungkin kita bisa menilai seseorang itu baik dengan menafikan keburukan yang ada pada dirinya. Lebih celaka lagi jika kita menganggap diri kita baik tapi melupakan keburukan yang ada pada diri.

Tuhan menyandingkan segala sesuatu sesuai dengan pasanganya. Jika ada surga maka ada neraka. Ada adam ada hawa, ada hujan ada panas, ada siang dan ada malam. Begitupun kebaikan akan selalu bergandengan dengan kejahatan. Bisa jadi dalam otak kita tercipta dua sisi tersebut yang membuat kita bisa menentukan sebuah pilihan. Apakah memilih cahaya yang terang atau kegelapan.

Kenapa sunset itu begitu indah? Karena di waktu itulah terjadi kombinasi antara siang dan malam. Perpaduan yang menghasilkan warna yang menakjubkan. Kita tak pernah tahu mana yang lebih dominan, apakah cahaya siang atau kegelapan malam. Keseimbangan alam itu membuat kita dapat belajar bahwa hidup ini sangat luar biasa.

Untuk apa bersedih pada hal remeh yang menimbulkan masalah dalam diri. Kita hanya perlu memandang secara bijak setiap persoalan. Bisa jadi selama ini kita terbiasa melihat sesuatu dari satu sisi, entah itu sisi baik atau sisi buruk. Padahal apapun yang terjadi, Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat kita.

Meskipun tahun telah berganti, segala sesuatu yang telah terjadi di tahun lalu dan apapun yang akan terjadi di tahun ini adalah jalan hidup terbaik yang dianugerahkan Tuhan. Semoga kita tidak melencengkan jalan tersebut. Makanya setiap berdiri menghadap Nya kita terus bermohon untuk ditunjukan jalan yang lurus. Permohonan itu membuktikan bahwa terdapat potensi dalam diri untuk keluar dari jalur, itulah potensi buruk yang terus kita lawan dalam diri kita sendiri.

image
Jembatan Siak di Malam Hari
Iklan

8 thoughts on “Tahun Lalu dan Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s