Ngepos via Hape

Pantai Montong di Pulau Rangsang

image
Pantai Montong, Bantar, Rangsang

Rangsang adalah sebuah pulau besar yang terletak di sebelah timur pulau sumatera. Nama pulau ini tidak begitu familiar bagi sebagian besar orang Indonesia. Pulau rangsang sedikit lebih besar dari pada pulau Batam.

Jangan sekali-kali membayangkan pulau rangsang seperti pulau batam, sebab di pulau ini lebih sering ditemukan rimba dari pada tembok beton yang banyak berdiri di pulau batam. Bahkan pantai di pulau ini tidak seperti pantai yang dibayangkan selama ini. Dalam pikiran kita pantai itu identik dengan pasir putih yang berderai.

image
Pantai Montong

Di pulau rangsang terdapat sebuah pantai yang amat populer bagi warga sekitar. Mereka menyebutnya dengan pantai montong, Bantar. Jangan pernah harap akan menjumpai pasir putih di pantai ini. Yang ada hanyalah pantai yang berlumpur, mirip seperti di pinggir sungai.

Ketika berdiri di tepi pantai montong, kita akan melihat selat malaka yang terhampar luas. Meskipun pantai montong tidak seindah pantai lain, tapi kita bisa melihat keindahan Tuhan dari sini. Betapa kesederhanan amat berharga di pulau ini. 

Bagi orang kota, hidup di pulau sangatlah menyiksa. Kurangnya air bersih dan keterbatasan listrik membuat orang kota merasa tersiksa. Apalagi disini kita tidak akan pernah menjumpai mall ataupun sekedar makan di restoran enak. Tidak ada, disini yang ada hanyalah kehidupan yang tak terbayangkan bagi orang kota.

Untuk bisa mencapai pulau rangsang, bisa naik kapal dari pulau batam lalu turun di pelabuhan tanjung samak. Namun, untuk sampai di pantai montong, sebaiknya turun di selatpanjang. Kemudian menyebrang lagi dengan kempang (kapal kecil) menuju pulau rangsang.

Ongkos menyeberang dengan kempang pulang pergi dari selatpanjang ke rangsang cuma Rp. 25.000 per motor. Satu motor sudah mencakup untuk ongkos dua orang. Sementara ongkos kapal dari batam ke selatpanjang saat ini sebesar Rp. 180.000 per orang. Jika kita berangkat ke selatpanjang melalui pekanbaru ongkos yang dikeluarkan hanya Rp. 150.000 per orang.

image
Naik Kempang
Iklan

8 thoughts on “Pantai Montong di Pulau Rangsang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s