Ngepos via Hape

Kini Kotak Itu Telah Bergambar

11 November merupakan tanggal yang tak pernah terlupakan dalam ingatan. Pada tanggal itu aku berani mengambil keputusan yang penting dalam hidup. Mengubah jalan masa depan dengan meninggalkan kebiasaan yang aku bangun di masa lalu.

Saat itu tepat pada 11 November 2007, aku melawan diri sendiri. Bergelut dengan persepsi yang selama ini merusak otak. Maut seakan begitu dekat, menjilat jiwa dalam sebuah kamar kosong di sudut gang semanggi.

Aku tak mengerti apa yang telah ku perbuat, sehingga hukum alam menimpaku di kala itu. Ketidaksanggupan menahan rasa sakit membuat aku bicara pada diri sendiri. Jika Tuhan mengangkat penyakit ku di malam itu, maka aku bertekad tidak akan mengulangi kebiasan buruk lagi.

Sebuah keajiban menghinggapi di pagi yang indah itu. Tuhan mendengar tekad yang tertancap kuat dalam kalbu. Sejak hari itu, aku tak lagi meneruskan kebiasan merokok. Pada tanggal itu aku berhenti merokok.

Hampir tiap tahun aku memperingati tanggal tersebut dengan sebuah tulisan. Meskipun di tahun ini aku tidak menuliskan pada tanggal tersebut, tapi setidaknya tak pernah terlambat menuliskannya. Apalagi memulai berhenti bagi saudara yang berkeinginan untuk merokok.

7 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk merajut tekad. Selama itu aku betul-betul merasakan perubahan dalam hidup. Merubah diriku sendiri dengan melawan nafsu yang membujuk ku merokok di masa-masa sebelumnya.

Kini sudah jauh berubah dibandingkan tujuh tahun yang lalu. Salah satunya adalah kemasan rokok yang bergambar menyeramkan. Percayalah gambar itu tak akan mengubah pikirian seorang perokok, sebab yang bisa mengubah adalah diri mereka sendiri.

Namun, kita harus mengapresiasi orang-orang yang berjuang memasukan gambar kedalam  bungkus rokok dengan membuat regulasi berkekuatan hukum.  Setidaknya gambar tersebut membuat orang mulai menyadari bahwa kebiasaan merokok amat berbahaya.

Iklan

15 thoughts on “Kini Kotak Itu Telah Bergambar

  1. Setuju Ajo. Apalagi kita sebagai muslim, muslim kan harusnya mampu menghindari hal yg sia-sia. Termasuk merokok adalah hal yg sia-sia.
    Aku respek banget sama cowok yang mau berhenti merokok. Salut deh Ajo! 🙂

    Tanggal 11 November buatku juga jadi kenangan tahun ini. Tapi kenangan jatuh dari motor 😀 Wuahaha

    Suka

  2. Selamat Jo! Salut buat perjuangannya. Semoga banyak yang terinspirasi karena sepertinya memang keputusan berhenti hanya bisa berasal dari diri sendiri.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s