Ngepos via Hape

Rasa Bersalah

Setidaknya saya masih bersyukur karena memiliki rasa bersalah telah menelantarkan blog ini dalam beberapa hari belakangan ini. Kesibukan selalu menjadi tumbal, tapi saya tidak mau menyalahkan keadaan karena kesalahan ada pada diri sendiri. Kesalahan itu adalah membiarkan waktu membunuh kesempatan saya untuk menulis.

Bulan kemaren saja cuma empat tulisan yang dipublish, nah bulan ini satu tulisan saja belum ada. Inilah tulisan pertama di bulan ini. Tulisan yang merefleksikan rasa bersalah dalam diri yang sudah amat jarang ngeblog. Bukan hanya menulis, intensitas blogwalking pun sudah turun ke titik nadir. Dalam hal ini yang jadi kambing hitam adalah koneksi.

Memang berasa sekali ketimpangan pembangunan antara daerah pelosok dengan daerah perkotaan. Ketika berada di daerah pelosok, susah kali dapat sinyal untuk internet. Namun, setiba di perkotaan sinyal langsung kencang. Jadi berinternet pun bisa lebih maksimal.

Perbedaan tersebut menjadi sebuah kenyataan yang dihadapi. Hanya butuh sikap bijak untuk menghadapi dua kenyataan yang berbeda itu. Menulis memang membutuhkan komitmen. Apapun keadaannya, menulis mesti menjadi tekad yang kuat. Tak ada akses internet, kertas pun bisa menjadi alat.

Jadi tak ada alasan. Inilah yang mesti saya tanamkan dalam pikiran. Tetap menulis dalam keadaan apapun. Bukankah lebih nikmat berbagi disaat sempit dari pada saat lapang. Seperti berlayar setelah badai akan memberikan kepuasan dari pada berlayar di laut yang tenang.

Iklan

14 thoughts on “Rasa Bersalah

  1. biasanya blogger akan jarang update tulisan kalau di dunia nyata sedang sangat-sangat sibuk 😀
    ditunggu update-an nya Ajo… meski saya juga jarang mampir ke blog tetangga sih…

    Suka

  2. sama kok uda ajo ..sy juga udh jarang nge blog apalagi bw…
    tapi jarang nge blog bukan brrti berhenti nge blog….tetap menulis dimanapun dan kapanpun 😉

    Suka

  3. Tetap semangat kakak, masih banyak kok blogger yang rutinitas updatenya lebih prah dari kakak, seperti saya contohnya, bulan lalu cuma bikin postingan sekali, bulan ini juga baru sekali, heheheheeh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s