Ngepos via Hape

Ingin Kembali

Jika ada yang bertanya apa yang saya rindu saat ini. Maka jawabannya adalah saya rindu menulis. Memang tekad belum terlalu kuat, tapi suatu saat tekad untuk menulis itu akan terus menancap hingga kokoh. Keyakinan itu harus saya tanamkan pada diri.

Sampai saat ini saya tak pernah tahu apa tujuan menulis. Selalu ada alasan untuk menghindar, entah itu karena sibuk atau tak memiliki inspirasi. Sudahlah, alasan hanyalah sebuah dinamika untuk intropeksi diri.

Ada sebuah pernyataan menarik dari seorang penulis ternama, ia berpesan jadikan menulis sebagai suatu kesenangan. Jangan pernah jadikan menulis hanya untuk menerbitkan buku. Kalaupun buku sudah terbit, kita tak akan pernah menemukan kebahagian. Begitupun dengan tujuan yang lain, ketika tujuan itu telah tercapai maka tidak tertutup kemungkinan kita puas dan berhenti menulis.

Apabila menulis dijadikan sebagai sesuatu yang menyenangkan, maka kita tak akan pernah berhenti menulis. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apakah saya sudah senang dengan menulis?

Nah inilah pertanyaan yang membuat saya harus evaluasi diri. Mungkin saya merasa senang jika tulisan dikomentari para narablog. Atau saya merasa senang kita banyak tulisan yang telah di publish di blog ini. Bisa jadi selama ini saya hanya senang jika tulisan dapat pujian, tapi ketika dikritik saya kesal.

Karena itulah saya harus belajar bagaimana merasakan satu perasaan pada dua hal yang berbeda. Misalkan tetap merasa tenang disaat sulit dan lapang. Seperti halnya bersabar dikala tertimpa musibah dan tetap sabar kala diberi anugerah.

Jadi, apapun yang terjadi saya harus bertekad menjadikan menulis sebagai suatu hal yang menyenangkan. Sebab di dunia ini selalu ada dua sisi dalam setiap cerita.

Iklan

12 thoughts on “Ingin Kembali

  1. Rekreasi adalah salah satu cara yang baik untuk merefresh hati dan pikiran.
    Ngeblog bagi saya adalah rekreasi pikiran dan kejenuhan rutinitas..
    Tetap semangat, Jo.. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s