Ngepos via Hape

Jelatik

Awalnya saya berpikir satu-satunya alat transportasi dari pekanbaru ke selat panjang hanyalah kapal jelatik. Ternyata dugaan itu salah, sebab selain jelatik yang merupakan kapal kayu itu masih ada beberapa speadboat yakni kapal cepat. Sejak itu saya sadar bahwa banyak pilihan alat transportasi menuju selat panjang, kabupaten kepulauan meranti.

Untuk mengobati rasa penasaran, saya berniat untuk mencoba naik semua alat transportasi tersebut. Pertama berkunjung ke kota itu, saya naik speadboat. Sebelumnya sih rencana naik kapal jelatik. Namun rencana itu gagal karena saya diburu waktu, sementara perjalanan naik jelatik sangatlah lama. Sedangkan jadwal keberangkatan kapal cuma sekali seminggu, itupun hanya hari jumat.

Niat itu saya simpan saja dalam hati. Sehingga ketika tiba masanya, apa yang diniatkan itu dapat terwujud. Tak lama memang menyimpannya, keinginan untuk naik kapal jelatik itu terwujud jua.

Kebetulan ada acara di pekanbaru, untuk menyesuaikan dengan jadwal acara tersebut, maka kami memutuskan untuk naik kapal jelatik pada jumat sore. Sampai di pekanbaru diperkirakan bisa pada sabtu pagi. Acara berlangsung pada hari sabtu siang. Perjalanan menempuh waktu setengah hari lebih.

Banyak sekali kesan dan pengalaman yang saya dapatkan dengan naik kapal jelatik ini. Maklum baru pertama kali naik, jadai saya agak kaget dengan suasana dalam kapal. Penumpang tidur hanya dibatasi dengan papan.  Tidak ada kursi dalam kapal ini. Mau shalat pun kita harus duduk diatas tempat tidur.

Untung waktu saya naik kapal ini penumpang lagi sepi, jadi bisa dapat sekitar dua petak tempat tidur. Ukuran tempat tidurnya hanya sebesar badan saja. Tidak ada kasur dan tidak ada bantal. Alas tidurnya pun hanya kayu yang dilapisi terpal plastik.

Kondisi itu tidak mengurangi rasa penasaran saya mencoba naik kapal ini. Ini adalah pertama kali saya naik alat transportasi yang sama sekali tak terbayangkan oleh pikiran saya sebelumnya.

image
Kapal Jelatik
image
Ukuran Kamar
Iklan

2 thoughts on “Jelatik

  1. In order to hack this prominent game, you should download and install the data
    to your tool. They even carried a heavy five-gallon cooler of water with cups to ensure we all stayed hydrated in the jungle heat –
    and a large plastic bag for disposing our trash.

    He was so lean & fit which had transformed his appearance drastically including his now
    chiseled face.

    Suka

  2. Setengah hari …
    Malam hari …
    Berlayar di kapal jelatik … dari kayu … waahhh ini pengalaman yang sungguh mendebarkan ya Jo …

    entah saya berani atau tidak ya ? 🙂

    Salam saya Ajo
    (22/8 : 3)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s