Ngepos via Hape

Media Sosial, Puasa dan ISIS

Wah, sudah terasa lama gak nulis lagi disini. Sejak puasa bergulir, baru kali ini tergerak jari saya untuk menulis. Itupun tidak tahu mau nulis apa. Kebetulan ada sebuah link artikel yang membuat saya tertarik untuk membukanya yaitu artikel yang berjudul ISIS BERSUMPAH HANCURKAN KABAH JIKA KUASAI MEKAH.

Saya pun gagal paham membaca artikel ini. Saya tidak mengerti apa maksudnya, apakah artikel ini hanya sekedar sensasi atau fakta. Yang panting jangan pernah langsung percaya, sebab butuh verifikasi lagi untuk menguji kebenarannya. Ibaratnya jangan pernah mau nelan berita mentah-mentah, atau dalam istilah lain jangan taklid buta.

Mari verifikasi kebenaran sebuah berita. Apalagi masa Pilpres sekarang begitu banyak berita yang lebih banyak menyesatkan. Terlebih lagi jaman sosial media sekarang ini yang membuat semua orang bisa mempublish sesuatu informasi yang kebenaranya masih dipertanyakan.

Dari artikel tentang ISIS itu saya menangkap sumber berita yang diambil berasal dari kicauan twitter dari akun petinggi ISIS yang masih diragukan apakah akun itu asli atau palsu. Jika akun tersebut belum terbukti keasliannya, kenapa harus dikutip sebagai berita.

Disini saya tidak akan membahas tentang ISIS, silahkan googling sendiri informasi tentangan gerakan ini. Bahkan karena ISIS ini kabarnya Iran dan Amerika yang bermusuhan bisa jadi bersatu untuk melawan gerakan ini. Tapi saya cukup kaget dengan pemberitaan itu, bahkan menjadi pertanyaan tersendiri. Benarkah? Mudah-mudahan itu berita yang tidak benar.

Di bulan puasa era digital sekarang ini bukannya lagi sekedar menahan ucapan tapi mesti harus menahan nulis status yang tidak penting, apalagi status yang tidak bermanfaat. Kiranya nilai ibadah dari menahan kedua hal tersebut setara, sebab status yang ditulis di social media merupakan cerminan dari ucapan penulisnya.

Iklan

4 thoughts on “Media Sosial, Puasa dan ISIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s