Ngepos via Hape

Bangun Pagi (lagi)

Aku sadar tidak setiap hari bangun pagi dengan membasuh muka sebelum fajar menjulang. Adakalanya mata ini enggan terbuka hingga sepenggalah matahari. Tapi aku akan terus berusaha untuk tetap menjaga agar kelopak mata ini lebih dahulu terbit daripada matahari.

Tidak mudah memang, tapi bukan pula mustahil. Bangun pagi hanyalah segelintir kebiasaan yang bisa diciptakan. Bisa karena sudah terbiasa adalah petuah bijak yang seakan tak lekang oleh waktu.

Persoalan kemudian adalah bagaimana menjadikan bangun pagi itu berkualitas. Bangun dengan penuh tekad kuat yang bahwasanya hari ini adalah masa depan yang indah. Masa depan bukan esok, tapi hari ini.

Dalam sebuah riwayat aku menangkap sebuah makna dimana orang-orang yang mendirikan shalat subuh, apalagi berjamaah, akan diberikan perlindungan oleh Allah seharian. Ibaratnya Allah telah menjamin hidup seharian. Bukankah shalat berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Begitu banyak waktu yang terbuang sia-sia jika tidak bangun pagi. Namun, akan lebih rugi lagi bila setelah bangun, lalu shalat subuh dan kemudian tidur lagi. Berapakah waktu yang terbuang hanya untuk tidur. Padahal bisa melakukan aktifitas lain seperti menulis atau membaca.

Perihal terakhir ini yang sering terjadi padaku belakangan ini. Setelah bangun, lalu tidur lagi. Semoga aku diberi kekuatan Allah untuk mengubah prilaku buruk ini.

Iklan

22 thoughts on “Bangun Pagi (lagi)

  1. Insya Allah, jika ada kemahuan di situ ada jalan. Berubah harus dengan tekad yang kuat. Bukan sekadart berazam dan mengimpikannya menjadi kenyataa. Buktikan, barulah hasilnya. Semoga sukses Ajo Ramli untuk bangun Subuh tanpa tidur lagi sehinggalah Qailullah.

    Suka

  2. Aamiin…maksud hati sih pengennya gitu, abis sholat lanjut tidur lagi apalagi kl wiken..tapi ga tau kenapa krucil2 di rumah kl wiken malah bangunnya pagi2 smua..dan rencana tidur lagi pun gagal..hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s