Ngepos via Hape

2# Kepergian Musa Dari Mesir

Sepulang dari sebuah tempat, Musa bersua dengan dua orang laki-laki yang sedang berkelahi. Satu dari kaumnya sendiri yakni bani israil sedangkan satunya lagi dari kaum mesir.

Orang yang sekaum dengan Musa ini meminta pertolongan. Secara spontan Musa menolong orang dari kaumnya ini karena sudah terpojok. Satu pukulan melayang pada orang mesir.

Badan Musa yang besar dan tenaganya yang kuat membuat orang mesir itu tumbang, seketika itu juga ia menghela nafas terakhir. Padahal musa tak bermaksud membunuh orang itu.

Sejak peristiwa itu musa dibalut rasa cemas. Setan telah berhasil menggodanya untuk berbuat zalim. Bujuk rayu orang bani israil itu membuat musa bertindak tidak lagi dengan akal sehat. Setan sungguh menjadi musuh yang nyata bagi musa.

Setelah menyadari perbuatannya itu musa bertobat kepada Allah. Tobatnya diterima oleh Allah. Namun, pikiranya belum tenang karena peristiwa itu telah diketahui oleh kerajaan mesir.

Pihak kerajaan mesir yang telah membesarkan musa ini berkumpul untuk menentukan hukuman atas musa. Mereka memutuskan untuk menangkap dan membunuh musa.

Atas perlindungan Allah, niat dari kerajaan mesir itu tak terlaksana karena ada sesorang yang membocorkan kepada musa bahwa ia akan di hukum mati oleh kerajaan. Musa pun pergi dari mesir. Ia hijrah ke sebuah negeri yang aman dimana negeri itu jauh dari kekuasaan raja mesir.

Bagaimanapun Musa telah ditakdirkan sebagai sosok yang mengakhiri kekuasaan firaun yang menganggap diri sebagai tuhan. Tidaklah mungkin ia dengan mudah di hukum mati hanya gara-gara perbuatan yang tak sengaja dilakukannya.

Hal ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa Allah selalu melindungi orang-orang yang berbuat baik. Harta yang banyak dan kekuasaan yang kuat sekalipun akan berakhir atas kuasa Allah, seperti halnya kekuasaan firaun.

Dilain hal kita dapat memetik hikmah yang bahwasanya Allah Maha Pemberi Tobat. Tobat yang tulus dari diri musa membawanya ke jalan keselamatan dengan hijrah ke sebuah negeri dimana ia akan menemukan belahan jiwanya.

Iklan

3 thoughts on “2# Kepergian Musa Dari Mesir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s