Ngepos via Hape

Trip ke Taluk Kuantan

Sebelum lupa, lebih baik  aku menuliskan ingatan dua hari yang lalu tentang perjalanan ke Taluk Kuantan, Riau. Perjalanan absurd dari orang-orang yang kebingungan karena gak tahu mau jalan kemana.

image
Selamat Datang di Taluk Kuantan

Berhubung di hari selasa itu tanggal merah dan libur kerja, maka aku dan teman di tempat kerja yang lama berinisiatif untuk ke Taluk Kuantan. Kebetulan teman kami yang juga dikantor yang sama sedang bertugas disana. Ya udah, kami putuskan untuk berangkat senen malam.

Rencana pergi sama motor, walau langit mendung tetap aja tak mampu menghalangi langkah untuk berangkat. Sempat ragu juga sih, jika ditengah jalan hujan maka bisa kacau deh perjalanan. Sebab di motor kami tidak ada jas hujan. Tapi tetap aja nekat berangkat dengan motor.

Sewaktu berangkat, kakak ngelarang pergi pakai motor. Disuruhlah kami berangkat dengan mobil aja. Baguslah, aku tak menolak tawaran tersebut. Jadinya berangkat pakai mobil yang dikasih pinjam sama saudara.

Di perjalanan hujan turun dengan deras, untung kami tidak berangkat dengan motor. Kalau dipaaksakan pakai motor maka perjalanan jadi kacau.

Berangkat dari pekanbaru pada jam dua belas malam, tiba di muara lembu sekitar pukul dua lebih. Di muara lembu hujan lebat, ditengah hujan itu tuan rumah ngajak ngopi ke warung terdekat.

Karena mata udah ngantuk maka kami putuskan untuk menginap di muara lembu, subuh paginya baru berangat ke Taluk Kuantan. Sempat ketiduran, jam sembilan baru bangun dan lanjut jalan ke Taluk Kuantan. Tiba di Taluk Kuantan sebelum siang.

Setelah sampai disana jadi bingung mau jalan-jalan kemana. Ketika nanya sama orang situ, mereka cuma bilang tempat wisata disana yang ada adalahan taman dan tempat pacu jalur (lomba dayung).

image
Lubang Besar

Sebelum masuk kota Taluk Kuantan, mobil yang kami tunggangi hampir terjebak dalam lubang jalan yang begitu besar. Sayang tidak ada tanda-tanda bahwa lubang itu cukup dalam, sehingga membuat pendatang seperti kami ini jadi terjebak kegalauan antara mau dilewati atau tidak. Ketika dilewati, ternyata lubangnya sangat dalam.

Mungkin musibah masuk lubang itu bagian dari bunga perjalanan. Setidaknya aku sudah tahu bahwa inilah negeri taluk kuantan. Di negeri ini saya cuma singgah di tempat pacu lajur aja dan berkeliling di tengah kota.

Sorenya kami pulang sekitar pukul tiga. Dalam perjalanan pulang ini baru mendapatkan musibah yang cuku berat. Pertama, hampir saja kehabisan bahan bakar, karena sepanjang perjalanan pulang dari Taluk Kuantan ke Lipat Kain solar habis di setiap pom bensin.

Musibah berikutnya adalah mobil rusak. Kopleng nya bermasalah dan gak bisa masukin gigi. Jika mobil dimatikan barulah giginya berfungsi. Jadi aku matikan dulu mesinnya dan baru masukin gigi. Nah, dari situlah mobil bisa dijaankan tanpa kopleng menuju kota pekanbaru. Alhamdulillah mobil rusak itu sampai juga di pekanbaru.

Walau mengalami musibah seperti itu tidak mengahalangi keinginan saya untuk jalan-jalan menuju kota berikutnya di Riau. Diantaranya adalah Perawang, Siak dan Dumai.

image
Arena Pacu Jalur
Iklan

23 thoughts on “Trip ke Taluk Kuantan

  1. Hi saudara Ajo, saya Syikin dari Malaysia. Saya akan ke Taluk Kuantan Sabtu ini, melawat saudara disana buat pertama kalinya. Boleh saya tahu bagaimana mahu akses Taluk Kuantan dari Pekanbaru guna Public Transport. dan berapa Kos nya. Terima kasih =)

    Suka

    1. Mohon maaf pak cik, kemaren saya ke sana pakai kendaraan pribadi dan itupun hanya berkunjung sebentar. Tapi klo utk transportasi publik bisa naik travel dari pekanbaru, biasanya travel ny mobil minibus gitu.. bisa naik dr simpang panam atau bisa pesan tiket ny dr kota pekanbaru..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s