Ngepos via Hape

Memahami Kebahagian

Sering kali teman kantor nanyain apa aktifitas yang saya lakukan di hari libur. Kadang mereka bertanya “kalau hari libur kemana aja”. Secepat kilat saya jawab “gak kemana-mana, paling di rumah aja”.

Jika udah di rumah, biasanya saya berupaya untuk menghabiskan waktu libur dengan membaca buku. Di liburan kali ini saya memperoleh sudut pandang baru dalam memahami makna kebahagian. Selama ini saya sering menafsirkan secara ambigu dan hanya mengetahui kulitnya saja.

Rasulullah telah berkata “Kebahagian itu bagi orang yang sekarang mengerjakan amal-amal yang akan memberikan keuntungan baginya setelah mati“. Lewat hadist itu saya mulai memahami apa kebahagian itu dari sudut pandang berbeda.

Saya pun menyimpulkan kebahagian yang sesungguhnya adalah melakukan perbuatan yang akan memberikan keuntungan bagi kita setelah mati. Perbuatan yang memberikan keuntungan itu tentu adalah perbuatan baik yang kita lakukan semasa hidup.

Misal saja, tersenyum. Senyum adalah sedekah yang kelak hasilnya akan kita peroleh di alam lain dari kehidupan ini. Itu baru perbuatan kecil dari kebaikan. Masih banyak sikap baik lainnya yang bisa dilakukan.

Contoh lain adalah menulis. Ketika menulis sudah menjadi hobi dan aktifitas yang menyenangkan, tak pelak akan memberikan kebahagian bagi si penulis. Apalagi karya yang dihasilkan si penulis bermanfaat bagi orang lain. Sudah jelas karya itu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi si penulis jika ia telah meninggal.

Apapun pebuatan yang kita lakukan, jika perbuatan tersebut menguntungkan bagi kita setelah mati maka itulah hakikat dari kebahagian. Tidak ada orang yang bahagia setelah melakukan kejahatan dan kezaliman.

image

Iklan

21 thoughts on “Memahami Kebahagian

  1. sama, hari libur saya juga lebih suka di rumah. Udah lima hari rumah ditinggal terus, jadi waktu libur ya waktunya mendiami rumah. Udah bayar kontrakan mahal, masak jarang ditinggali full 24 jam/hari 🙂
    Dan soal bahagia itu… hmmm keluarga dan teman2 saya sering menyinggung “Kapan kamu bisa punya rumah sendiri?… mbok ya cari pinjaman ke bank… klo nunggu punya duit, nggak bakal kesampaian punya rumah….” Dan saya akan jawab, “saya sudah mencicil rumah kok” yang dilanjut dengan pertanyaan mereka “Di daerah mana? berapa cicilan per bulannya” Lalu saya akan menjawab “di kampung akhirat”

    Suka

  2. saya juga yang termasuk gak bakalan ke mana2 kalau liburan pulang kampung.. secara jarang2 kan ada kesempatan pulang gitu setelah lama merantau.. walaupun ini yang jadi hambatan adalah virus malas yang menguat kalau sedang di rumah ~_~a

    Suka

  3. pengen loh sesekali liburan bisa leyeh-leyeh.. tapi sekarang udah gak bisa gitu lagi.. liburan kok pengen tetap produktif yah.. mumpung masih usia produktif

    Suka

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ajo Ramli….

    Kebahagiaan itu terletak di sini : DI HATI. maka sesiapa yang merasa bahagia dan dapat membahagiakan orang lain saat hidupnya akan selalu bahagia di akhir hayatnya. Kebahagiaan hakiki adalah apabila kasih sayang Allah SWT merahmati hidup kita hari ini.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Suka

  5. aku kalau jawab gak kemana-mana dirumah aja, kadang ada temen komplain emang gak bosen dirumah aja? padahal dirumah itu banyak kegiatan yang bisa dikerjakan ya

    Suka

  6. Memang harusnya begitu…
    Banyak orang yang sibuk bersenang-senang di dunia. Kalau mati? Jadi Apa? Sedangkan orang yang hanya mengharapkan kebahagiaan di hari akhir, senang-senangnya abadi.
    Di Surga kita gak harus sholat, ngaji, sedekah atau melakukan kebaikan apapun, hanya senang-senang. Jadi, kenapa kita gak habis-habisan beramal selagi di dunia?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s