Ngepos via Hape

Apakah Shalat Istikharah Tidak Ada Gunanya?

Pernahkah kamu bimbang dalam memilih dan ragu mengambil keputusan. Saya rasa setiap orang pernah melalui masa ini. Bagi seorang muslim, ada solusi untuk mengatasi situasi seperti itu yakni dengan shalat Istikarah.

Dengan shalat Istikarah Allah akan memilihkan jalan terbaik untuk kita. Namun pertanyan nya apakah jalan terbaik itu selalu lurus atau penuh dengan lika-liku.

Dalam sebuah kasus saya dihadapi dangan dua pilihan. Saya harus memilih dua pilihan jalan yakni jalan pertama yang bagus dan jalan kedua yang buruk. Sebelum berangkat saya tidak tahu kondisi kedua jalan ini. Tujuan dari kedua jalan juga berbeda, jalan yang bagus menuju kebenaran jalan yang buruk menuju kezaliman.

Ketika itu saya tunaikan shalat istikarah, supaya diberi petunjuk oleh Allah dalam menentukan pilihan. Tuhan Yang Maha Pemilik Hati tidak membuat saya seperti robot yang bisa diarahkan kemana pun oleh pemiliknya. Saya masih diberikan kehendak (free will) untuk memilih.

Entah kenapa pilihan yang saya ambil adalah jalan kedua. Setelah menempuh jalan itu saya sadar bahwa saya mengambil jalan yang salah. Sayapun berpikir kenapa Tuhan  tidak menunjukan jalan yang benar, padahal saya sudah menghadap pada Nya dengan shalat Istikarah.  Apakah shalat Istikarah tidak ada fungsinya.

Pikiran berontak itu terus menghantui benak saya. Namun saya sadar seketika itu juga. Sebab Allah telah berjanji sesuatu yang kita anggap buruk itu bisa jadi baik bagi kita. Sedangkan sesuatu yang kita anggap baik bisa jadj buruk bagi kita.

Janji tersebut berlaku sekali dengan kondisi saya, bisa jadi jalan buruk yang saya tempuh itu baik bagi saya. Bukankah kesalahan adalah pelajaran berharga untuk menggapai sukses.

Apapun yang kita pilih setelah menunaikan shalat Istikarah, pilihan itu adalah pilihan terbaik bagi kita walau kita harus memilih sesuatu yang pahit dan tidak mengenakan.

Iklan

6 thoughts on “Apakah Shalat Istikharah Tidak Ada Gunanya?

  1. yang saya tahu, istikharah itu dari asal katanya khairun (mungkin bisa dikoreksi kalau salah) yang artinya kebaikan. shalat istikharah dilakukan untuk memilih di antara dua hal yang baik, bukan antara yang baik dan yang buruk.

    manusia memang diberikan kebebasan memilih… “fa-alhamahaa fujuurahaa wa taqwaahaa” dierikan pemahaman antara jalan yang buruk dan jalan taqwa.

    yang pasti, akan ada hikmah dalam setiap kejadian yang dialami oleh seseorang, tinggal mau mengambilnya atau membiarkannya…. kembali lagi kepada pilihan

    Suka

  2. Saya belum pernah melakuan shalat istikharah, karena alhamdulillah selama ini belum ada dalam hidup saya memutuskan hal2 yang rumit. Dimana kita sulit dalam membuat keputusan …….. 🙂

    Suka

  3. saya shalat istikharah ketika milih jurusan di S1 dulu, karena sungguh-sungguh galau antara memenuhi keinginan pribadi atau tuntutan orang tua. Hasil shalat, saya nurut orang tua. Istikharah yang kedua adalah saat milih presiden lima tahun yang lalu. saya galau milih antara pak SBY lagi atau JK. Sepertinya saya akan shalat lagi untuk milih presiden tahun ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s