Ngepos via Hape

Fenomena ke Kuburan ala Calon Presiden

Perkembangan demokrasi di Indonesia cukup menggembirakan. Apalagi sejak ditetapkan sistem pemilihan presiden secara langsung. Sudah dua periode bangsa kita menentukan presiden langsung lewat suara rakyat. Dalam waktu dekat kita akan menentukan siapa presiden yang akan memimpin di periode berikutnya.

Ada fenomena menarik yang patut dicermati dalam proses menuju pertarungan pemilihan presiden di tahun 2014. Dimana akan terjadi duel antara dua pasangan Jokowi-Jusuf Kalla melawan Prabowo. Fenomena tersebut adalah prilaku para capres terkait ziarah kuburuan.

Jika mengikuti proses pencalonan Jokowi sebagai Capres, mungkin kita masih ingat kapan dan dimana Jokowi mengumumkan mandat sebagai capres PDI P. Waktu itu Jokowi mengumumkan setelah berziarah ke makam bung karno, kalau gak salah sih pakai acara cium bendera putih segala. CMIIW

Konon petinggi PKB meminta Jokowi ziarah ke kuburan wali songo saat melakukan safari politik. Bukan menjadi hal yang asing lagi jika partai yang memiliki basis masa dari NU (Nahdatul Ulama) ini menyarankan Jokowi berziarah ke makam para wali. Sebab tradisi ziarah tersebut merupakan bagian dari budaya masyarakat NU.

Fenomena ziarah kuburan bukan hanya dilakukan oleh kubu Jokowi, tapi juga dari capres Prabowo. Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan Prabowo-Hatta berziarah terlebih dahulu ke makam taman pahlawan kalibata. Bahkan prabowo sewaktu menjadi cawapres bu Mega pada pilpres 2009 juga rajin berziarah.

Fenomena ke kuburan para politisi ini jarang ditemukan dalam demokrasi modern di negara luar. Fenomena ini khas dari demokrasi di Indonesia. Entah apa yang melatar belakangi para politisi menjadikan ziarah ke kuburan sebagai ritual politik.

Apakah untuk menarik dukungan dari pengikut tokoh yang diziarahi. Apakah untuk memohon restu kepada tokoh yang sudah wafat. Ataukah hanya untuk sekedar pencitraan saja. Wallahu A’lam bi ash-Shawab

Iklan

8 thoughts on “Fenomena ke Kuburan ala Calon Presiden

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s