Ngepos via Hape

Pertanyaan di Heaving Fun With The Liebster Award

Menjadi sebuah kehormatan bisa mendapatkan tugas buat nulis dari teman blogger. Salah satunya melalui cara award seperti Heaving Fun With The Liebster Award. Kali ini saya ditimpuk oleh  Eka.

Dengan segala kekurangan saya tidak bisa melaksanakan tugas dengan sempurna. Saya cuma bisa jawab pertanyaan. Untuk mendeskripsikan diri, ngetag teman dan bikin pertanyaan saya gak pandai.

Berikut pertanyaan dari Eka:
Sejak kapan dan kenapa kalian nge-blog?
Pertama kali bikin blog pada bulan mei 2007 di multiply, dulu alasannya cuma buat nyimpan tugas kuliah aja. Mana tau bisa dibaca sama orang lain, lagian kala itu sih nyari tugas lewat internet. Selanjutnya cobain platform lain seperti livejournal, blogspot, wordpress, tumblr dan lain-lain.

Seiring waktu, tujuan mulai bergeser dari awalnya masukin tugas lalu beranjak ke nulis soal curhat sampai tulisan gak penting bahkan hingga saat ini masih kebawa buat nulis hal-hal yang mungkin dianggap tidak penting.

Kenapa saat ini saya masih ngeblog? Karena saya berpikir ngeblog itu butuh konsistensi dan komitmen. Dengan ini saya meyakini diri bahwa inilah sarana tepat bagi saya untuk melatih konsistensi dan komitmen bahwa menulis adalah bagian dari hidup.

Sebagai blogger, apa hal penting yang kalian dapat dari nge-blog ?
Saya berpikir, bisa jadi saya tidak dapat apa-apa dari ngeblog. Tapi saya percaya ngeblog akan mengubah diri saya menjadi lebih baik. Seorang yang tadinya pemalas jadi rajin, seorang yang tadinya pemalu jadi periang. Setidaknya minimal saya bisa melihat segala permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.

Percaya atau tidak, dengan ngeblog saya bisa belajar sabar, ketekunan, semangat. Pernah suatu saat saya dapat komentar menyakitkan dan klaim sepihak, tapi saya hadapi itu dengan sabar dan pikiran positif.

Disamping itu ngblog dapat menjalin silahturahmi dan menekan sifat buruk yang ada pada diri setiap manusia seperti syirik, riya dan kikir. Lewat ngeblog saya dapat meluruskan niat bahwa menulis bukan untuk mengharapkan trafik dan komentar. Jika nulis cuma buat mengharapkan seperti itu maka sama halnya berlaku “syirik” sebab mengharapkan sesuatu selain dari Nya. Padahal nulis di blog bisa jadi sarana untuk menggapai ridho Nya, oleh karena itu saya menganggap menulis sebagai bagian dari sedekah. (ini cuma pengalaman pribadi yahhh… Hihi)

Apa kegiatan (hoby) favoritmu ?
Membaca dan menulis adalah aktifitas yang sangat saya sukai, meskipun terkadang muncul godaan agar malas baca dan enggan nulis. Saya pikir disitulah tantanganya, apakah sanggup melewati godaan tersebut.

Selain itu, belakangan ini saya mulai menyukai fotografi. Sampai bela-belain beli kamera DSLR, padahal dana dikantong amat terbatas. Berhubung disibukan oleh pekerjaan, kamera itupun sering menganggur di lemari.

Siapa tokoh yang kalian kagumi ?
Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang diteladani. Kata teladan lebih tinggi derajatnya dari pada sekedar dikagumi. Orang yg dikagumi belum tentu dijadikan teladan tapi orang yang diteladani sudah tentu dikagumi. Untuk itu, terkait tokoh yang saya kagumi adalah Yusuf Qordhowi dan Quraish Shihab.

Lewat pemikiran dan buku Yusuf Qordhowi membuat alam bawah sadar saya menjatuhkah pilihan untuk kuliah di UIN Jakarta. Di kampus itu saya bertemu dengan dosen Quraish Shihab yang membuat saya tertarik untuk mendalami agama dengan ilmu.

Tuliskan 3 tempat yang paling ingin kalian kunjungi !
Mekkah, Jarusalem dan Athena. Mekkah adalah tempat dimana impian bagi setiap muslim yang beriman. Jarusalem merupakan kota suci tiga agama samawi dan Athena adalah negeri dimana pernah muncul peradaban yang dihuni oleh para filusuf. Itulah tiga tempat yang ingin saya kunjungi.

Apa pekerjaan impian kalian ?
Pedagang. Pekerjaan yang saya impikan itu adalah berdagang. Menjadi seorang enterpreuner, yakni seorang pedagang plus. Sebab dengan berdagang bisa merasakan apa itu kemerdekaan, khususnya financial freedom.

Apa makanan favorit kalian ?
Sambal dan telor. Dua benda itu aja sudah jauh dari cukup bertengger diatas sepiring nasi. Untuk minumnya saya lebih suka jus alpukat. Saya menghindari minuman kaleng dan lebih memilih air mineral.

Apa judul buku yang biasanya kalian rekomendasikan untuk dibaca orang lain ?
Tafsir Al Misbah karya Quraish Shihab, The Power of Habit karya Charles Duhigg, The Miracle of The DNA karya Kazuo Murakami dan Dunia Sophie karya  Jostein Gaarder 

Jika bisa mengulang waktu, apa yang ingin kalian perbaiki ?
Jika bisa mengulang waktu, ingin kembali ke masa kanak-kanak. Main sepuasnya tanpa ada rasa takut. Entah itu main bola kasti, kelereng, mandi di sungai dan bermain lainnya khas anak-anak masa itu.

Tuliskan satu hal yang ingin kalian wujudkan di tahun ini ?
Resign dan mulai berbisnis, lalu menikah dengan mahar satu paket buku Tafsir Al misbah. Wah, kebanyakan ya padahal pertanyaanya cuma satu hal tapi ini ada beberapa hal. Ya udah, mana duluan deh yang ditetapkan oleh Allah.

Apa hal-hal yang meningkatkan semangat dan motivasi kalian ?
Nah ini pertanyaan yang sulit saya jawab. Sebab belakangan ini saya sedang kehilangan semangat dan motivasi. Satu hal yang membuat saya bertahan adalah impian.

Untuk mencapai impian tersebut butuh suntikan energi dari keluarga, istri dan anak. Dua dari yang terakhir itulah yang belum saya miliki. Kata orang, mereka itulah yang akan membuat hidup bersemangat dan api motivasi terus membara.

Demikian jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan oleh Eka.

Iklan

34 thoughts on “Pertanyaan di Heaving Fun With The Liebster Award

  1. Jawabannya bagus-bagus semua Ajo. Aku setuju, ngeblog itu salah satu sarana untuk melatih diri jadi manusia yang komitmen dan konsisten. Hobi kita hampir sama, aku juga suka nulis dan baca. Terima kasih rekomendasi bukunya ya Ajo, judulnya menarik semua.

    Suka

  2. Jangan kebanyakan atau keseringan makan Telor, ntar bisulan hehe
    Demikian juga tuh sama sambal, nanti sakit perut, kalau bisul dan sakit perut menyerang, percaya deh ngga bakalan bisa tenang duduk dan menulis 😄😄

    Suka

  3. Wah Dunia Sophie aku bacanya lamaaaaa banget alhasil smp sekarang belum khatam. Kelamaan mikirnya drpd bacanya.
    Pokoknya aku harus bisa nge khatam in itu buku.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s