Ngepos via Hape

Teh Goyang

image
Teh Goyang

Ada yang tahu dengan teh goyang? Oke, jika belum pernah ada yang dengar, saya coba akan jelaskan dikit. Teh goyang itu sama dengan teh tawar. Cuma teh, air dan es aja, kadang dicampur sedikit gula. Biasanya manisnya gak berasa, karena namanya aja teh goyang, jadi gula dikasih segoyang aja.

Bisa juga ya namanya goyang, entah dari mana nama itu berasal. Dan apapula yang melatar belakangi rumah makan ngasih teh goyang ini. Bisa jadi bagian dari strategi penjualan mereka atau mungkin karena alasan tertentu.

Banyak orang yang sulit membedakan teh goyang dengan teh manis sebelum mencobanya. Saya sih punya cara untuk membedakannya. Jika gelasnya gak dikasih sedotan itu pertanda teh goyang. Kalau ada sedotan atau sendok itu baru dapat diduga itu adalah teh manis.

Bicara soal minuman teh, saya punya pengalaman tersendiri. Kalau orang padang nyebut es teh itu dengan sebutan teh es, tentunya es teh itu dikasih gula. Sementara di jakarta orang nyebutnya dengan es teh manis. Kalau nyebut es teh aja, maka yang dikasih es dan teh aja tanpa gula.

Pernah pesan es teh di sebuah tempat makan di jakarta, yang di kasih pelayannya adalah es teh tawar, gak berasa seperti teh goyang. Setelah nanya sama teman, ternyata es teh itu adalah teh tawar, kalau mau yang manis nyebutnya es teh manis.

Kalau di jakarta minta teh tawar atau teh goyang itu bakal masuk ke tagihan atau bayar. Sementara di pekanbaru minta teh goyang itu gratis, gak bayar apalagi kalau rumah makannya memang nyediain teh goyan gitu. Bada lagi kalau di padang, jarang sekali rumah makan yang nyedian teh goyang paling air putih aja.

Iklan

44 thoughts on “Teh Goyang

  1. Jakarta sama jawa barat, bang. Kalo mau manis mesti di mention kata manisnya.
    Kalo di jawa tengah dan timur, namanya teh ya manis. Malah aku pernah diketawain di salah satu rumah makan jawa timur pas mesen bilangnya es teh manis.

    Suka

  2. saya juga baru tau teh goyang waktu makan di siteba padang uda ajo…biasanya pas duduk langsung di kasih minuman ini,,,,, rasanya emang tawar kadang juga ada pahit2 😀

    Suka

  3. Aku baru tau Ajo ada istilah Teh Goyang. Di Pekanbaru ya itu? Kalo di Batam ada istilah Teh Obeng untuk es teh manis dan Teh O untuk teh manis hangat. 😀

    Oiya, soal es teh manis, karena dulu kebiasaan di Bandung/Jakarta kan bilangnya es teh manis, nah nyampe di Pekanbaru, kayanya orang sini lebih familiar kalo kita bilangnya teh es. aku kadang masih suka keceplosan bilang ‘es teh manis’ dan sering banget malah dikasihnya teh manis hangat. Mungkin kata2 ‘es’ di depannya itu gak kedengeran kali ya 😀

    Suka

  4. Hehe… namanya lucu…. 😀

    Kalo di Jogja, cukup bilang es teh aja, maka kita udah dapat es teh manis. Kalau mau yg tawar, harus bilang es teh tawar…. Dan teh tawar di sini kebanyakan tetap nggak gratis, tapi lebih murah 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s