Ngepos via Hape

Hari Buku Sedunia

Pada tahun 1995, Konferensi Umum UNESCO di Paris memutuskan tanggal 23 April sebagai World Book Day. Penetapan tersebut berangkat dari beberapa tradisi yang merupakan apresiasi masyarakat barat terhadap para penulis besar yang telah berlangsung sejak abad pertengahan.

Bagaimanapun latar belakangnya, hari buku dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyadarkan diri betapa pentingnya membaca buku. Membaca buku bisa kapan pun dan oleh siapa pun.

Di hari buku yang jatuh pada 23 April 2014 ini aku pribadi merasa tertampar. Mimpi untuk menamatkan membaca dan memahami sekumpulan buku tafsir dalam satu tahun ini nyaris tidak akan pernah terealisasi. Sebab belakangan ini intensitas membaca buku tersebut sangat kurang sekali.

Meskipun demikian, aku masih memiliki keyakinan untuk bangkit dan terus berupaya membaca dan memahaminya hingga tamat. Masih ada secercah harapan yang membuatku pantang untuk memadamkan tekad membaca.

Tidak ada teman yang abadi selain buku. Teman bisa datang dan pergi kapanpun, tapi buku tidak akan begitu. Sebaik-baik teman adalah buku.

Hari buku sedunia merupakan momentum yang tepat dijadikan sebagai titik balik untuk giat membaca dan menjadikan buku sebagai aset berharga. Ketika membaca telah jadi kebutuhan hidup, maka disitulah disadari bahwa otak manusia sangat membutuhkan asupan ilmu lewat bacaan.

Selamat hari buku, sobat!

Iklan

14 thoughts on “Hari Buku Sedunia

  1. Hari buku nasional harusnya aku buat untuk baca-baca buku yang belum sempat aku baca gitu….aku juga baru tahu di radio pas perjalanan ke kantor…mereka pada memberikan kesan buku yang pernah mereka baca πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s