Ngepos via Hape

Bikin email domain sendiri via wordpress.com

Wow. Hidup ini sungguh menakjubkan, apalagi dibalut dengan aneka masalah. Percayalah, apabila mampu mengatasi masalah itu akan hadir kebahagiaan luar biasa. Layaknya seperti hukum pelangi.

Hal itu saya rasakan setalah dihinggapi masalah saat belajar membuat email dengan domain sendiri di wordpress.com, masalahnya adalah email yang sudah dibuat tidak bisa menerima pesan tapi bisa mengirim pesan saja.

Rencananya sih mau bikin tutorial, tapi berhubung gak bisa bikin screenshot makanya saya cuma kasih informasi aja kalau domain yang berbasis wordpress.com itu bisa bikin email dengan domain sendiri. Kalau yang pakai platform wordpress.org mungkin udah pada banyak yang tahu cara bikin email dengan domain sendiri.

Soalnya dari dulu saya gak tahu kalau di wordpress.com ini bisa bikin email sendiri. Maklum sih, asal mula ngeblog di wordpress karena faktor gratisan. Kalau gratis khan kita gak bisa minta macam-macam, apalagi minta email dengan domain sendiri. Toh, alamat blog aja masih ada embel-embel wordpress nya.

Untuk itu wordpress nya di upgrade dulu ke fasilitas berbayar. Gak mahal kok, cuma puluhan dolar per tahun. Anggap aja sebagai jajanan tahunan. Untungnya kita udah bisa punya domain sendiri sesuai dengan selera. Kalau selera saya sih tetap di garammanis.com

Gak lengkap donk udah punya domain sendiri tapi domainnya gak dijadikan alamat email. Ada dua cara supaya bisa bikin email dengan domain sendiri, yaitu gratisan dan berbayar. Tentu donk saya pilih cara gratisan dulu.

Kendalanya setting default di dns wordpress.com adalah dengan cara bayar melalui fasilitas email bisnis (berbayar) dari yahoo dan Google mail.

Tenang masih ada cara gratisan kok, yaitu melalui zohomail. Sepertinya masih ada tempat lain yang menyediakan gratisan, namun baru di zohomail aja yang saya coba.

Pertama kamu harus bikin akun dulu di Zoho.com lalu kamu pilih produk yang lite (gratis), kalau gak salah produk itu bisa bikin 5 alamat email. Saya cukup bikin satu email aja dulu, walau yang punya rumah menyediakan lima alamat email.

Setelah bikin akun zoho, kamu bisa masukan alamat domain disana. Saya masukan domain garammanis.com, kemudian muncul layar verifikasi. Hal ini untuk memastikan domain yang di masukan bukan domain blog orang lain tapi adalah blog milik sendiri.

Untuk nentuin domain milik sendiri, tentu kamu punya akses masuk ke dalam. Nah, setelah itu masuk ke blog wordpress.com yang kamu miliki. Di sana klik pengaturan domain, lalu edit DNS. Di edit DNS ini pertama kali lakukan adalah buat CNAME baru  dengan kode zb******* dan zmverify.zoho.com, untuk kodenya bisa lihat di layar verifikasi zoho yang udah kamu buat tadi.

Setelah itu kembali lagi ke layar zoho tadi, dan klik tombol verify. Jika berhasil itu berarti akun zoho udah terkoneksi dengan blog. Tinggal bikin alamat email aja lagi.

Nanti bakal muncul wizard untuk bikin alamat email. Pilih deh mau bikin alamat email apa. Kalau saya pilih alamat email blog@garammanis.com

Jika berhasil akan muncul layar kotak email, layaknya seperti kotak email kebanyakan. Jangan senang dulu ya, soalnya alamat email baru itu belum bisa digunakan. Mesti koneksikan lagi dengan blog kamu. Ada kode MX yang harus dimasukan ke domain blog milik mu. Kode tersebut adalah mx.zohomail.com port 10 dan mx2.zohomail.com port 20.

Nah kode itu masukan di edit DNS yang terdapat dalam pengaturan domain blog. Kamu cuma nambah MX yang baru di edit DNS. Kalo udah masukan kode MX dari zoho tersebut maka udah bisa mengirim email dari alamat email dengan domain blog kamu.

Tapi kamu belum bisa menerima email karena harus hapus dulu semua list kode MX default yang ada di domain blog. Sepertinya sih kode tersebut buat email yahoo dan google email yang berbayar. Jika udah menghapus semua list MX nya, maka kamu udah bisa ngirim email dari alamat email dengan domain blog sendiri.

Selamat mencoba.

Iklan

39 thoughts on “Bikin email domain sendiri via wordpress.com

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb Ajo Ramli….

    Kalau saya cukup yang gratisan di wordpress aja. Belum punya waktu untuk upgrade malah lebih rasa malas walau ada senggang waktu untuk berbuat demikian. Salut ya sudah pecahkan masalahnya sehingga bisa dikongsikan buat semua. Ternyata ada email dengan domain sendiri memberi rasa bahagia setelah mencoba sehingga berhasil.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 😀

    Suka

  2. Mantap gan, tutorialnya sangat membantu. ane udah coba tutorial, ini tapi ada sedikit masalah di incoming emailnya yang menggunakan domain sendiri. itu kalo misalnya ada yang kirim via gmail dll, itu tidak masuk. kira-kira kenapa ya,…

    thanks.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s