Ngepos via Hape

Kebebasan Finansial

Beberapa hari yang lalu, saya kepincut untuk mengetahui makna dari kebebasan finansial. Coba googling, ada sebagian artikel yang cukup membantu menambah pemahaman.

Kebebasan finansial difahami sebagai suatu keadaan ketika seseorang sudah memiliki pendapatan pasif yang lebih besar daripada pengeluaran. Pendapatan pasif adalah pendapatan yang diperoleh tanpa bekerja. Artinya uang sudah bekerja dengan sendirinya yang dapat berupa aset atau investasi.

Aset itulah yang kemudian menghasilkan uang yang lebih besar dari pengeluaran. Kalaupun hasil dari aset lebih kecil daripada pengeluaran itu belum dikatakan mencapai kebebasan finansial.

Di sekitar kita mungkin pernah dijumpai orang yang memiliki uang yang banyak, gaji yang besar tapi pengeluarannya lebih besar dari pendapatan. Ciri seperti ini belum menunjukkan kebebasan finansial meskipun orang tersebut dianggap kaya.

Kebebasan finansial bukan berapa banyak uang yang dimiliki atau seberapa banyak uang yang di dapat, tapi seberapa kecil rasio pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan pasif.

Satu kalimat yang bagi saya sangat menarik adalah ungkapan yang menyatakan “kebebasan finansial adalah tentang kontrol pengeluaran terhadap diri kita sendiri.”

Kebebasan finansial tidak bisa dilepaskan dengan standar hidup, pengelolaan aset dan kontrol pengeluaran. Makanya hidup sederhana adalah wujud nyata dari upaya mengontrol pengeluaran.

Kebebasan finansial bukanlah kebetulan tapi pilihan. Kita bebas memilih untuk menyisihkan pendapatan dengan berinvestasi atau menghamburkan untuk belanja konsumtif.

Jadi, selagi masih muda tidak ada salahnya untuk mensetting target kapan akan mencapai kebebasan finansial tersebut.

Iklan

15 thoughts on “Kebebasan Finansial

  1. Wah beda banget dengan yang kupahami. Tak kira kebebasan finansial itu identik dengan pendapatan yang banyak lalu kita bebas membeli apa saja yang kita inginkan. Pas-pasan gitu. Pas mau beli a, ada uang. Pas mau beli b, ada uang, pas mau beli c juga ada uang, dst 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s