Ngepos via Hape

Gelap dan Gagal

Kegelapan itu tidak ada, yang ada adalah ketiadaan cahaya. Masuklah ke dalam ruangan tertutup, matikan semua lampu. Tentu merasakan gelap, padahal yang terjadi bukanlah kegelapan tapi ketiadaan cahaya di ruangan itu.

Begitu pula dengan kegagalan. Orang bijak berkata sesungguhnya kegagalan itu tidak ada, yang ada adalah dampak dan akibat dari sesuatu yang tidak diharapkan.

Sepertinya tulisan saya di atas bagaikan membalikan kata-kata. Tentu saya tidak bermaksud demikian karena saya mencoba melihat kegagalan dari sudut pandang berbeda.

Mungkin saya pernah gagal melakukan sesuatu, gagal mengerjakan sesuatu. Itu semua wajar kok, sebab saya adalah manusia yang memiliki batas kesalahan. Celakanya kegagalan seringkali dipandang sebagai malapetaka. Sehingga membuat sebagian orang memilih menyerah. Bahkan berpikir negatif atas dampak dari tidak tercapainya harapan tersebut.

Satu hal yang mesti saya lakukan adalah berpikir positif ketika sesuatu yang dianggap “gagal” itu menerpa. Sebagian kecil orang mampu menghadapi kegagalan sebagai peluang untuk berkembang, maju dan lebih baik. Namun, sebagian lainnya terpuruk dalam penderitaan.

Manakah yang harus dipilih?

Iklan

5 thoughts on “Gelap dan Gagal

  1. tapi dalam semesta ini yang hakiki itu kan kegelapan… cahaya muncul atas penciptaan… *abis baca artikel tentang teori penciptaan semesta

    saya sih jadi menyimpulkan pada sudut pandang bahwa keberhasilan itu besar pengaruhnya dari Sang Maha Kuasa.. ia serupa seperti cahaya yang lahir dari kegelapan dan berputar membentuk galaksi…

    sering terlupakan bahwa keberhasilan itu dipengaruhi tidak hanya dari diri sendiri…

    Suka

  2. Kata Andrea Hirata : kegagalan adalah kebodohan yang dipelihara.
    Dan saya setuju. Sebab? Dalam hidup tidak ada yang bersifat mutlak. Jadi ada kalanya kegagalan harus dimaknai seperti itu. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s