Ngepos via Hape

#2# Cantik

Pada dasarnya cantik itu bersifat relatif. Cantik menurut kita belum tentu cantik menurut orang lain. Seperti halnya selera, enak menurut kita bukan berarti terasa enak bagi orang lain. Hukum relatifitas itu akan selalu berlaku.

Kata cantik seringkali melekat pada wajah atau bentuk fisik lainnya. Tidak dapat dipungkiri sebagian orang mengukur kecantikan itu dari segi fisik. Sejauh mata memandang, tetap saja kecantikan yang dipahami dari segi fisik ini bermula pada pandangan mata yang kemudian disimpulkan dalam pikiran sehingga menilai apakah yang dilihat tersebut cantik atau jelek.

Seiring waktu sebagian orang mulai berpandangan bahwa cantik itu bersumber dari dalam, seperti keperibadian, sikap dan intelektual. Sudut pandang yang berbeda tersebut seolah mengukuhkan bahwa cantik yang dipandang dari segi fisik adalah pandangan keliru.

Dari sudut manapun kita memandang, tetap saja kata cantik itu disandang oleh sosok perempuan. Sementara laki-laki disebut dengan ganteng. Cantik dan ganteng adalah dua hal yang memiliki subtansi sama. Ketika saya menulis cantik, itu artinya sama dengan saya menulis makna ganteng.

Saya selalu ingat dengan perkataan seorang ulama yang saya kagumi. Ia berkata “Tidak ada perempuan yang jelek, yang ada adalah perempuan yang tidak pandai bersolek“. Hal ini menegaskan bahwa semua perempuan itu cantik, namun sebagian perempuan tidak menghargai anugerah Allah tersebut.

Bersolek bukan saja dipahami dengan bergaya, memakai kosmetik ataupun berhias. Bersolek itu adalah memperindah. Ketika seseorang perempuan mampu menjaga dirinya, memperbaiki sikapnya dan memelihara kehormatannya, dari situlah ia memancarkan keindahannya.

Silahkan tengok cahaya rembulan di tengah malam, sungguh indah bukan. Cahaya bulan nan indah itu merupakan pancaran dari sinar matahari. Begitupun perempuan, ketika ia berbuat baik, berkata santun dan berpikir positif dan menjaga diri dan kehormatannya saat itulah perempuan tersebut memancarkan keindahan. Itulah perempuan cantik yang pandai bersolek.

Iklan

16 thoughts on “#2# Cantik

  1. Dan rasa cinta membuat orang selalu terlihat cantik… Suami yg mencintai istrinya dgn tulus, akan selalu memandang istrinya cantik meski sudah berjalan terbungkuk2… ๐Ÿ˜Š

    Coba kalau Ajo jatuh cinta, pasti deeh perempuan yg dijatuhi cinta akan selalu terlihat cantik … ๐Ÿ™‚
    *bahasanya hihi…*

    Suka

  2. โ€œTidak ada perempuan yang jelek, yang ada adalah perempuan yang tidak pandai bersolekโ€œ —> sepakatlah ๐Ÿ˜€

    bersolek tentunya dengan menjaga kehormatan, meningkatkan prestasi, dan cara positif lainnya…. bukan dengan mengumbar aurat biar kliatan seksi yang ternyata malah menjatuhkan kemuliaan perempuan ๐Ÿ˜€

    Suka

  3. menjaga dirinya, memperbaiki sikapnya dan memelihara kehormatannya …
    plus meningkatkan kualitas dirinya …

    pasti keren perempuan yang seperti ini …

    Salam saya Ajo

    (29/3 : 7)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s