Ngepos via Hape

Ngesek Pagi-Pagi

Jika berkunjung ke Pariaman, tidak lengkap rasanya kalau tak mencicipi warung nasi yang berdiri di sepanjang pinggir pantai. Warung nasi di sana dikenal dengan sebutan nasi sek.

Nasi sek dibungkus dengan daun pisang. Porsi nasinya tidak terlalu banyak, mirip nasi kucing dari Jogja. Aroma nasi terasa nikmat bila dibungkus dengan daun pisang. Oleh karena itu sebagian orang menyebut nasi sek ini dengan arti sebungkus kenyang (SEK).

Setahu saya dulu yang jual nasi sek ini cuma siang hari. Belakang sudah banyak yang menjual di pagi hari sebagai sarapan pagi dan pada malam hari untuk menu makan malam.

Ciri khas dari nasi sek ini adalah sala lauak. Sejenis gorengan yang berisikan ikan laut. Sala adalah makanan khas masyarakat Pariaman. Selain itu yang tak bisa ditinggalkan adalah sambalnya yang maknyos.

Pada kesempatan kali ini kebetulan saya menyantap nasi sek di waktu pagi. Untuk harga saya cuma mengeluarkan uang sebesar sebelas ribu rupiah yang terdiri dari dua bungkus nasi, satu sala lauak, lima sala bulat dan satu katupek lamak (ketupat nasi yang berlemak)

Berikutlah penampakannya :

image
Pondok Nasi Sek Mak Linda

image

image
Dua bungkus nasi sek.
image
Sala lauak dan sala bulek.
image
Hidangan penutup dengan katupek lamak.
image
Sisanya tinggal air cuci tangan.

Eh, pas mau pulang ada kereta api yang lewat.

image
Kereta api lewat
Iklan

65 thoughts on “Ngesek Pagi-Pagi

  1. Sebungkus kenyang ya Bang?
    Kalau saya biasa sarapan nasi uduk buatan emak depan kontrakan. Sebungkus pake kuah tahu + mie, harganya 3000rp saja. Biasa tambah goreng tempe 2000rp dapat 3 keping goreng tempe. Lumayanlah untuk sarapan pagi…

    Suka

  2. Belum pernah nyobain nasi SEK-nya jo, sepertinya patut dicoba. Kalo sala lauak pernah, disini jg banyak yg jual,,, tapi rasanya mungkin ga senikmat disana kali yaa. Ajo, asik ya di Pariaman ada kereta api *salahfokus.

    Suka

  3. Wah, aku baru dengar ttg nasi sek ini. Oh ya ampun, sebagai penggemar nasi, aku jadi penasaran dgn nasi sek itu. Semoga kapan-kapan bisa mencobanya πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s