Ngepos via Hape

Asapnya Sama Saja

Pekatnya asap di pekanbaru membuat sebagian keluargaku mengungsi ke kampung halaman, Pariaman, Sumatra Barat. Mumpung libur hari sabtu dan minggu, maka aku yang nyetir pulang kampung.

Sepanjang perjalanan hanya kabut asap yang menghampar. Mulai dari kota pekanbaru, bangkinang, payakumbuh, bukittingi, padang panjang hingga Pariaman. Setiba di pariaman langsung disambut oleh asap kiriman dari kebakaran hutan di Riau.

Pemandangan sawah yang tadinya jernih, kini sudah mulai buram.

image
Sawah berasap

Jalanan yang tadinya jelas,  mulai terlihat samar.

image
Jalanan berkabut di kota Pariaman

Lautan yang tadinya membiru, kini mulai memutih.

image
Lautan di pantai Gandoriah, Pariaman.

Alhamdulillah di pagi yang pengap ini masih dapat meneguk segelas teh telor, minuman tradisional kota ini. Harganya cukup murah, cuma enam ribu rupiah.

image
Teh Telor.

Ternyata masih ada yang lebih murah daripada itu, yakni oksigen yang kita hirup. Di tengah bencana asap ini saya harus merogok kocek puluhan ribu rupiah untuk beli sekaleng oksigen.

Di sini saya kembali sadar bahwa nikmat oksigen yang saya hirup selama ini sangat tidak terbatas, tak perlu uang untuk mendapatkan oksigen. Masihkah ada alasan saya untuk tidak beriman kepada NYA. Semoga kita bukan pendusta nikmat Nya. Amin.

Iklan

27 thoughts on “Asapnya Sama Saja

  1. Istri saya sedang reuni ke Sungai Penuh …
    Tak bisa mendarat di Padang … mesti mendarat di Jambi …
    Semoga asap segera hilang

    salam saya

    (16/3 : 3)

    Suka

  2. tadi saya ke padang untuk keperluan dan ya pemandangan juga serupa apa yang ada di foto Ajo dan juga Painan… herannya beberapa kali ini sudah turun hujan sebenarnya tapi rasanya tidak menurunkan intensitas kepekatan asap ini… memang belum begitu deras hujannya dan relatif sebentar tapi tetap bersyukur ada kesmpatan merasakan udara yang lebih jernih. ini tapi akan terus berlanjut sepertinya walau ada hujan kalau penyebab asalnya sendiri belum diatasi.

    Suka

  3. aku baru minggu lalu mikir mau cabut liburan ke Sumbar. ehh liat di twitt katanya parah ya asapnya, jadi di cancel deh kesananya. semoga cepet bersih lagi deh, lama banget kasian yang tinggal disana 😦 . jaga kesehatan yaaa Gusti

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s