Ngepos via Hape

Hilang Semangat

Bagaimana mungkin aku bisa lupa dengan tekad ku sendiri. Waktu baru saja berputar selama satu bulan. Tapi semangat ku untuk mewujudkan tujuan hidup di tahun ini kian memudar.

Apa yang salah pada diri ini. Apakah yang kurang. Mungkin rasa syukur ku yang berkurang.

Beberapa hari yang lalu, selepas magrib saya berjumpa dengan seorang pedagang barang bekas yang brewokan. Sebut saja namanya si brewok.

Diatas becak si brewok terbengkalai sebuah timbangan dan beberapa karung kosong. Benda-benda itu menandakan bahwa seharian si brewok gak dapat penghasilan.

Apakah ia rugi? Belum tentu, sebab bisa jadi ia telah berusaha. Meskipun belum memetik hasilnya hari ini. Kelak bisa saja ia akan memperoleh rezeki yang tak disangka-sangka dari hasil usahanya yang gagal. Ia tidak rugi karena seharian telah berusaha.

Sementara aku disini berdiri mengutuk diri sendiri. Saya merasa rugi. Betapa tidak, nikmat waktu yang saya miliki tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Mana usaha untuk membaca buku minimal satu halaman itu. Mana komitmen satu hari satu tulisan itu. Mana upaya hafalan satu ayat perhari. Mana keberanian terjun ke bisnis itu.

Cukup, janganlah disesali. Carilah kembali semangat yang hilang itu. Selama ada kemauan disitu ada jalan.

Iklan

41 thoughts on “Hilang Semangat

  1. Semangat itu bisa mencontoh sekelompok lebah, lebah mempunyai hidup yang sangat pendek maka mereka bekerja keras untuk segera menyelesaikan rumah mereka sebagus mungkin kemudian menghasilkan madu yang bermanfaat bagi mahluk lain, mereka ingin bermanfaat sebelum ajalnya tiba.
    Secara pribadi, saya selalu mengingat kematianku yang setiap waktu akan datang tanpa permisi, maka saya selalu berfikir dengan apa yang akan aku tinggalkan dan apa yang akan aku bawa.

    Suka

  2. Cukup, janganlah disesali. Carilah kembali semangat yang hilang itu. Selama ada kemauan disitu ada jalan. —> setuju

    menyesali yang sudah lalu tidak akan mengubah keadaan

    Suka

  3. ayo Jo, kita sama-sama semangat.. Saya juga sedang menyemangati diri sendiri untuk jadi lebih baik.. Saya sadar semua niat baik itu pasti ada ujiannya..

    Suka

  4. Pejamkan mata dan syukuri apa yang bisa kau raih hari ini uda…
    Nikmatilah hidup sembari bekerja, niscaya uda akan tetap mempertahankan semangat yang ada 😀

    Suka

  5. Ayo … Ayo …
    Semangat …
    Atau kalau terlalu banyak … mungkin bisa salah satu atau salah dua dulu …
    yang penting rutin dijalani

    salam saya Ajo

    Suka

  6. Cumungut ea *alay mode: on 😀
    Konsisten adalah sebuah kata yang sangat mahal, dan gak semua orang memilikinya. Karena itu pilih satu yang dirasa paling mudah dulu, lalu jaga konsistensinya. <–*nasehat buat diri sendiri

    Suka

  7. Bisa jadi berpikir jernih seperti ini adalah usaha meski tak bisa dikatakan gagal atau berhasil. Setidaknya apa yang kau tulis bermanfaat buat engkau dan orang lain (aku). Dan bisa kau petik dikemudian hasilnya. Semangat kawanku 🙂

    Suka

  8. jadi inget diri say asendiri yang niatan mau bikin postingan 1 kali seminggu hasilnya malah ngga jelas, kadang sebulan sekali, kadang 2 minggu sekali, kadang super rajin sehari sekali, hehehe

    Suka

  9. selalu membandingkan dengan orang lain nggak akan merubah seseorang menjadi lebih baik, karena hanya akan menyibukkan diri dengan penilaian2..katanya…ini ktanya lho..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s