Ngepos via Hape

4# Pejuang Subuh : Pulang Dugem

Banyak sekali fenomena yang dapat dijumpai kala subuh. Seperti halnya kemaren saat saya pergi narik uang di salah satu ATM dekat pom bensin di kota pekanbaru sekitar pukul. 05.05 WIB.

Sekeluar dari ATM saya dikejutkan oleh dua sosok perempuan yang turun dari mobil. Dua perempuan itu turun dengan mengenakan pakaian seadanya. Rok mini dan baju ketat menampakan sekujur aurat mereka. Sementar dalam mobil terlihat dua orang pemuda.

Saya menduga mereka dua pasang kekasih yang pulang dugem. Bisa jadi dugaan saya keliru, tapi saya yakin bahwa galagat mereka menunjukan sesuatu hal yang diluar aturan agama.

Jangankan menerka perbuatan apa yang mereka lakukan, pakaian yang dikenakan oleh dua perempuan itu saja sudah dilarang oleh agama dan diluar adab dunia ketimuran.

Saya tidak akan membahas dua sejoli yang pulang dugem itu. Tapi saya akan menarik benang merah dimana kita terkadang juga sering mengikuti hawa nafsu yang dituntun oleh setan.

Inilah yang paling saya khawatirkan dimana malaikat maut bisa saja menjemput manusia kapan saja. Bisa saja habis dugem lalu meninggal, bisa saja habis zina lalu wafat dan bisa saja setelah melakukan perbuatan buruk langsung meninggalkan dunia.

Makanya berakhir dalam keadaan baik (husnul khatimah) pada kehidupan di dunia ini merupakan salah satu nikmat Allah yang didambakan oleh setiap insan. Namun, tidak semua manusia yang mampu malawan nafsunya agar selalu dekat dengan Allah.

Seandainya dua pasang manusia yang saya jumpai saat subuh itu tiba-tiba terjatuh tanpa sebab dan langsung meninggal dunia. Apakah yang terjadi di akhirat nanti? Pertanyaan ini tidak bisa saya jawab. Hal itu merupakan rahasia dan kekuasaan Allah.

Nah, seandainya pagi-pagi kita terbangun oleh azan subuh lalu tidur lagi, bukannya menunaikan shalat subuh. Eh, esoknya malah gak bangun-bangun dan orang sekampung udah pada ngumpul untuk memepersiapkan pemakaman. Apakah yang terjadi di akhirat nanti? Lagi-lagi saya tidak bisa menjawab.

Kita hanya bisa memilih, apakah saat mulai terbit fajar itu memilih untuk pulang dugem atau memilih pulang dari mesjid. Terserah karena hidup ini adalah pilihan. Dari pilihan inilah kemana tempat yang akan dituju di akhirat nanti.

Ya Allah semoga kami selalu memilih jalan Mu yang lurus. Amin.

Iklan

16 thoughts on “4# Pejuang Subuh : Pulang Dugem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s