Ngepos via Hape

Puncak Keyakinan

Orang yang bertakwa adalah orang yang melakukan amal saleh. Takwa merupakan sebuah penamaan bagi mereka yang beriman. Siapa yang melakukan kebajikan, meskipun sedikit tetap disebut sebagai orang yang bertaqwa.

Ketika menemukan paku di jalan, lalu membuangnya maka anda orang bertaqwa. Ketika berjumpa dengan teman yang kesusahan, lalu membantu mudahkan masalahnya maka anda disebut bertaqwa. Siapa yang mengerjakan sebagian dari kebajikan ia dinamai sebagai orang yang bertaqwa.

Akan tetapi tingkat ketakwaan itu bermacam-macam. Siapa yang mencapai puncak ketaatan disitulah ia menggapai derajat taqwa nan tinggi. Tak usah khawatir, meskipun baru segelintir mengerjakan amal kebaikan, bukan berarti tidak dapat menggapai puncak. Bukankah gunung yang tinggi terdiri dari setumpuk batu dan pasir yang kecil.

Semoga kita dapat menambah tumpukan pasir-pasir kecil kebajikan. Kalaupun tidak menjadi gunung, suatu saat akan menjadi bukit. Percayalah, selama dalam hati bersemayam petunjuk ilahi. Kita tak akan pernah berhenti mengumpulkan pasir kecil.

Sekecil apapun perbuatan baik yang dilakukan akan memiliki kontribusi untuk membangun sebuah pondasi dari puncak keimanan. Jikalau berkenan, saya menganalogikan ketakwaan adalah bahan baku untuk mencapai keyakinan bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad SAW adalah utusan Nya.

Ciri-ciri orang bertaqwa itu tidaklah ribet. Ia mempercayai hal-hal gaib, yakni Allah SWT, shalat berkesinambungan secara sempurna dan menafkahkan sebagian rezeki yang didapatnya, menjadikan wahyu Ilahi sebagai jalan hidup dan yakin bahwa kelak akan ada kehidupan akhirat.

Sebelum tiba pada puncak keyakinan, terlebih dahulu kita akan melewati keraguan. Dengan bermodal ketakwaan itulah kita dapat melalui keraguan itu sehingga tiba pada tujuan, yakni puncak keimanan.

Iklan

6 thoughts on “Puncak Keyakinan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s