Ngepos via Hape

Malam Penutup

Sebelum tahun masehi ini berakhir, ada baiknya melakukan intropeksi diri. Apa yang telah kita lakukan selama setahun ini, atau berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Mungkin kita masih ingat atau malah rada samar atas apa yang kita kerjakan pada malam penutup di tahun sebelumnya. Meskipun lupa, apa yang kita perbuat telah tercatat dalam catatan raqib atid. Dua penulis setia yang mengikuti kita tanpa terlengah sedetikpun mencatat segala amal perbuatan.

Jika catatan amal itu dibuka, bisa jadi kita tak akan sanggup untuk melihatnya. Sebab bisa jadi kita masuk kedalam orang-orang yang sedikit sekali bersyukur. Sayang kita tak bisa melihat catatan itu di dunia ini, yang jelas catatan itu kelak akan diperhadapkan untuk dipertanggung jawabkan.

Satu hal yang harus kita lakukan adalah terus memperbaiki diri agar tahun depan semakin banyak catatan kebaikan yang tertulis oleh pencatat setia.

Untuk melawan sifat lupa, alangkah sejuk bila kita menulis semacam komitmen untuk memperbaiki diri di tahun esok. Sebagian menyebut dengan resolusi. Entah apa namanya yang jelas catatan itu berfungsi untuk menyuntik alam bawah sadar kita agar segala harap dan kebaikan dapat tercapai di tahun depan.

Kalaupun tak sempat untuk menuliskan, setidaknya telah terbetik dalam hati agar di tahun depan kita selalu menjadi orang-orang yang terus memperbaiki diri dengan dekat pada Nya.

Iklan

4 thoughts on “Malam Penutup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s