Ngepos via Hape

Jaminan Hidup

Selamat pagi. Hari ini terasa berbeda sekali. Terutama soal perasaan yang selama ini tersiksa oleh sikap menunda.

Misal saja saat bangun tidur. Tak jarang saya tidur lagi setelah bangun pertama kalinya. Pikiran-pikiran negatif muncul saat itu, seperti “ahh masih gelap”, “tidur bentar lagi”, “subuhnya nanti ajalah” dll. Pikiran seperti itu membuat saya tidur kembali.

Saya kira semua muslim pernah merasakan hal-hal seperti itu. Namun, tidak banyak yang bisa melawan sikap-sikap buruk itu, termasuk saya. Tapi saya tak akan pernah menyerah untuk mengatasinya dengan melawan diri saya sendiri.

Siapa yang tahu perasaan kita, kalau bukan diri kita sendiri dan Tuhan. Tuhan tak akan pernah menyesatkan manusia, cuma manusia itu sendiri saja yang memilih jalan kesesatan. Seperti menunda bangun pagi itu.

Entah dimana saya membaca, ada sebuah riwayat tentang manfaat bangun pagi. Siapa yang bangun pagi dan mendirikan shalat subuh, maka dihari itu hidupnya dijamin oleh Allah. Subhanallah.

Ada sebuah cerita tentang seorang pembunuh bayaran. Katakan si A menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh si B. Lalu pembunuh bayaran ini mencari mangsa yang akan dibunuhnya. Di suatu tempat ia bertemu si B. Sebelum melaksanakan tugasnya, pembunuh bayaran ini bertanya kepada si B “apakah kamu sudah shalat subuh hari ini?” Si B menjawab “sudah”.

Mendengar jawaban itu pembunuh bayaran tak tega membunuh si B lalu kembali kepada si A. Dengan terheran si A bertanya “kenapa tak kau bunuh dia?”. Pembunuh bayaran menjawab “bagaimana mungkin aku membunuhnya, sementara ia telah dilindungi oleh Allah karena di pagi hari ia telah mendirikan shalat subuh”

Bagaimana dengan diri kita sendiri. Apakah sudah terlindungi?

Hari-hari yang kita jalani kadang terasa berat. Dilain kali terasa mudah dan lapang. Siapa yang mampu mengatur itu semua kalau bukan kekuasaan Allah.

Dalam kesempitan selalu ada kemudahan. Entah kenapa kita sering berkeluh kesah disaat sempit dan kikir saat diberi kelapangan.

Untuk itu tak ada salahnya kita memohon perlindungan pada Allah dengan mendirikan shalat subuh agar hari ini hidup kita dijamin sehingga kita mampu menjadi orang-orang yang bersyukur. Amin.

Iklan

4 thoughts on “Jaminan Hidup

  1. bena sekali Jo, melawan rasa malas dan menunda untuk bangun pagi dan sholat Subuh itu memang berat.. tapi bisa asal kita mau mencambuk diri, lama-lama itu jadi hal yang mudah.

    Suka

  2. Makasih Jo. Sering saya gak sadar pikiran-pikiran menunda sesuatu itu juga termasuk pikiran-pikiran negatif. Alhamdulillaahnya sih sekarang ga pernah menunda bangun pagi. Hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s