Ngepos via Hape

Potensi Kegelisahan

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat gelisah. Apabila ia disentuh kesusahan ia sangat berkeluh kesah dan apabila ia mendapatkan kebaikan ia amat kikir.” [QS al Ma’arij 19-21]

“Kecuali para yang shalat yang mereka itu menyangkut shalat mereka tetap berkesinambungan” [QS al Ma’arij 22-23]

***

Ketika membaca dalil tersebut diatas, terhentak sekali jiwa ini. Saya coba untuk memahami dan menarik benang merah dalam kehidupan sehari-hari.

Subhanallah. Ternyata masih dalam lagi samudera ilmu yang harus digali dalam hidup ini. Terutama untuk menjadikan setiap aspek hidup sejalan dengan tuntunanNya.

Sesuatu yang dinamakan hidup adalah berfungsinya wujud tersebut. Misalnya, tanah dikatakan hidup ketika tanah tersebut berfungsi sehingga menumbuhkan tanaman yang yang berdiri diatasnya. Jika tanah itu gersang dan tandus itu berarti tanah tersebut tidak dapat berfungsi dengan semestinya.
Begitupun dengan manusia. Manusia hidup dibumi ini sebagai khalifah Allah di bumi. Tak lain manusia berfungsi untuk menyembah kepada Nya. Oleh karena itu setiap aspek kehidupan yang kita jalani dapat menjadi sarana ibadah.

Tujuan manusia diciptakan adalah untuk diuji. Siapa yang lulus dengan baik akan mendapatkan ganjaran di akhirat kelak. Sementara siapa yang tak mampu melewati ujian akan menjadi orang-orang merugi.

Pada dasarnya setiap kita terlahir dengan potensi yang sama. Cukup banyak potensi yang dimilik, salah satunya adalah kegelisahan. Secara naluriah manusia mempunyai sifat gelisah yang melekat dalam diri. Itulah sifat dasar yang kita miliki.

Tergantung bagaimana menyikapi sifat ini. Apakah memanfaatkan dengan baik atau terus terjebak dalam kegelishan.

Orang yang terjebak dalam kegelisahan itu seperti orang-orang yang suka mengeluh kala susah dan kikir disaat senang. Itu adalah pertanda orang-orang yang tidak bersyukur.

Berbeda dengan orang-orang yang selalu mendirikan shalat secara berkesinambungan dan khusyuk. Tiada lagi kegelisahan yang menghantui perjalanan hidup mereka.

Iklan

2 thoughts on “Potensi Kegelisahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s