Ngepos via Hape

Niat dan Tekad

Membedakan antara niat dan tekad itu bagaikan perbedaan antara keinginan dan impian.

Sebuah keinginan itu memiliki unsur yang berbeda dengan impian. Boleh jadi kita menginginkan sesuatu, ketika keinginan itu tidak tercapai ya gak masalah. Beda dengan impian dimana ia harus terwujud sehingga impian itu terus tertanam ke dalam alam bawah sadar. Bagaimanapun caranya impian harus terealisasi.

Demikian pula halnya dengan niat dan tekad. Bisa saja kita meniatkan sesuatu tapi terkadang tak pernah terwujud niat tersebut. Sementara orang yang telah bertekad kuat, tentu akan mewujudkan tekad tersebut meskipun sulit.

Misalnya kasus pada perokok. Seorang yang berniat berhenti merokok berbeda dengan orang yang bertekad untuk berhenti merokok.

Seseorang yang berniat berhenti merokok hanyalah sebatas niat, ketika niat itu tidak terwujud disitulah tampak bahwa tak ada dorongan yang kuat. Sehingga niat berhenti merokok terhenti pada batas niat saja.

Berbeda dengan tekad yang memiliki dorongan kuat. Sesorang yang telah bertekad untuk berhenti merokok akan mewujudkan tekadnya itu. Walau sulit dan berat tetap saja muncul dorongan untuk berhenti.

Dari situ jelas terlihat bahwa betapa berbedanya niat dan tekad. Bahkan dalam menilai amal perbuatan juga dapat diukur dari sudut niat dan tekad ini. Apalagi dengan perbuatan-perbuatan yang buruk.

Orang yang mempunyai niat buruk belum “tercatat” dosanya apabila niat itu belum terwujud. Ketika niat buruk itu telah diwujudkan barulah dinilai menjadi sebuah dosa yang layak untuk mendapat ganjaran.

Lain halnya dengan tekad, dimana seseorang yang bertekad buruk tentu akan memperoleh ganjaran yang setimpal dengan apa yang telah dilakukan. Tekad tersebut dapat dikatakan setengah dari perbuatan. Sehingga layak mendapatkan balasan yang jauh lebih besar dari pada niat tadi.

Allah Maha Tahu isi hati manusia, entah itu sebatas niat maupun telah berbentuk tekad. Jika Allah telah berkehendak, apapun akan jadi seketika.

Iklan

3 thoughts on “Niat dan Tekad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s