Ngepos via Hape

Puncak Ketenangan

Saya belum begitu paham dengan hakikat sebuat penantian. Saya tidak mengerti arti dari menunggu. Satu hal yang bisa dilakukan adalah bersabar.

Sedari dulu tersembunyi sebuah rahasia dalam dada. Tak seorang pun yang tahu, selain Allah. Rahasia itu hilang dan muncul bagaikan matahari di pagi dan sore hari. Kini asa itu kembali mengapung ke permukaan.

Bersabar dalam kesulitan dan bersyukur dalam kesenangan adalah rahasia yang dapat menuntun setiap orang untuk mencapai puncak ketenangan. Jelas sudah bahwa ketenangan adalah sebuah tujuan. Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

Entah kenapa seringkali hadir keresahan, kegelisahan dan gundah gulana. Banyak orang-orang sekarang menyebut dengan kegalauan. Apapun namanya, kondisi seperti itu tidak menyenangkan dan mencerminkan kebahagian sehingga hati tidak menjadi tenang.

Saya tidak mengharapkan kehadiran bidadari yang dapat membuat kedamaian hati. Karena bidadari tak dianugrahi nafsu yang menjadi penyebab jiwa ini terombang ambing dalam keresahan.

Saya tak menginginkan malaikat menyampaikan secara langsung risalah tentang akidah cinta. Seandainya Tuhan mengizinkan kita melihat malaikat, mungkin tubuh kita sudah hancur lebur melihatnya. Untung saja tidak demikian, jika malaikat itu terlihat maka kita tak akan bisa memahami betapa penting arti sebuah ujian.

Kegaiban adalah misteri yang membuat kita paham bagaimana dalam kegaiban itu terkandung makna sebuah ujian kehidupan yang sering kali tak pernah kita duga kedatangannya.

Amat banyak misteri kehidupan yang terus berdampingan dalam perjalanan hidup. Mulai dari urusan yang rumit hingga persoalan sepele. Seperti halnya urusan perasaan.

Siapa sangka esok kita bersua dengan pertemuan yang indah. Siapa kira esok kita malah mengalami perpisahan yang menyakitkan. Itu hanyalah sekelumit kegaiban yang tak tersingkap tirainya.

Ditengah kegaiban itu, terutama urusan jodoh dan rezeki, saya coba meyakinkan diri bahwa bersabar dan berupaya memperbaiki diri adalah sabaik-baik sikap yang dapat dilakukan. Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba Nya.

Iklan

One thought on “Puncak Ketenangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s