250-500

Mengganggu Orang Shalat

Tadi sore, ketika shalat berjamaah di sebuah kantor. Disana duduk beberapa orang yang telah selesai shalat. Lalu tibalah saatnya kelompok kedua orang yang datang belakangan melakukan shalat berjamaah lagi. Rombongan pertama yang sudah selesai shalat itu menggangu dan bercanda pada orang yang tengah shalat.

Ada seseorang dari salah satu kelompok kedua yang sedang shalat itu dalam kesehariannya suka bergurau dan bercanda. Ketika ia sedang shalat, banyak teman-teman menguji keimanannya. Dengan mengajak orang itu bergurau kala ia sedang shalat.

Tidak baik memang mengganggu orang yang sedang shalat. Apa lacur, bukankah Tuhan menciptakan setan itu dari golongan jin dan manusia. Kita tak tahu rupa setan tapi ia tampak nyata kala ia berupa manusia. Manusia yang tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mengganggu orang shalat adalah salah satu bentuk perbuatan buruk.

Terkadang sikap orang-orang yang buruk itu tidak selamanya buruk jikalau kita melihat dari sudut pandang yang berbeda. Mungkin mengganggu orang shalat itu buruk buat si pengganggu akan tetapi baik bagi yang diganggu karena itu bisa jadi sarana untuk belajar  memperkuat keimanan.

Setan tidak akan pernah sanggup menggoda dan merayu orang-orang yang beriman. Setan telah mempunyai lahan tersendiri untuk sanggup menggoda umat manusia, yakni sisi negatif dari diri manusia.

Selain itu kita dapat belajar bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak bermanfaat. Begitupun dengan sosok seorang teman tadi yang suka bercanda dan bergurau melewati batas kewajaran. Sehingga ketika ia beribadah, ia juga dipagarahkan (dicandai) oleh teman-temannya. Hal ini membuktikan bahwa apa yang kita perbuat akan mendapat ganjaran yang setimpal dengan perbuatan kita.

Iklan

4 thoughts on “Mengganggu Orang Shalat

  1. bercandapun ada aturan dan porsinya ya mas..
    hanya saja kita memang sering tidka sadar klau segala sesuatunya memang tidka boleh berlebihan..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s