250-500

Lahan Milik Setan

Sumber : Klik gambar

Manusia diciptakan Tuhan dengan memiliki potensi negatif dan potensi positif. Manusia itu diberikan kemampuan untuk berbuat baik dan berbuat buruk karena telah diberi potensi baik dan buruk. Nah, tergantung dari sendiri mau dibawa kemana potensi ini.

Oleh karena itu Tuhan telah menganugrahkan kepada manusia aneka syahwat berupa nafsu. Tuhan telah menjadikan indah aneka nafsu tersebut. Bisa jadi kita begitu senang pergi berbelanja ke mall. Bisa pula kita sangat berbahagia telah diberikan anak yang akan melanjutkan keturunan. Bisa saja kita merasa mudah karena diberikan harta yang berlimpah. Dan banyak hal lainnya yang membuat hidup di dunia ini terasa indah.

Akan tetapi, ingat. Setan juga mampu memperindah aneka syahwat tersebut dengan bisikan ke dalam kalbu. Meskipun bujuk rayu setan itu lemah, tapi ia akan kuat kala manusia dalam posisi lemah tanpa hadirnya Tuhan di dalam kalbu. Setan selalu memberikan janji-janji untuk membangkitkan angan-angan kosong yang pada hakikatnya merupakan tipuan belaka.

Allah berfirman dalam QS An Nisa’ : 117-118 yang berbunyi “… Allah melaknatnya. Ia berkata “Aku benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Mu bagian yang sudah ditentukan” Setan sudah mempunyai porsi dan lahan tersendiri untuk menyesatkan manusia. Hal itu semakin diperkuat dengan dalil dalam QS an Nahl : 99-1oo “Sesungguhnya setan ini tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya…

Jika menengok pada potensi yang dimiliki manusia jelas terlihat mana lahan yang sudah ditentukan untuk setan dan mana lahan yang tidak bisa dimasukinya.

Ada lahan yang dapat ditumbuhi oleh setan untuk menanam benih-benih kedurhakaan pada diri manusia. Lahan itu terletak pada potensi negatif yang ada pada diri manusia. Manusia yang berlaku buruk mengembangkan potensi negatif ini dengan bujuk rayu setan yang menyesatkan.  Dalam potensi negatif, dalam sikap yang buruk inilah setan menyewa tempat dalam kalbu manusia.

Mereka yang mengembangkan potensi positif dari diri mereka tak akan pernah bisa dimasuki oleh bisikan setan, seperti pada orang-orang yang beriman dan bertawakal. Orang-orang yang selalu mengembangkan potensi baik dalam diri mereka. Ini adalah lahan yang tidak bisa dimasuki, apalagi disewa atau dimiliki oleh setan.

Iklan

26 thoughts on “Lahan Milik Setan

  1. Kami berlindung kepada Allah dari godaan syetan yg terkutuk… Ya Allah Lindungilah kami, putra putri kami, keluarga kami dan saudara2 kami seiman…..aamiin.
    Jazakalloh khoir untuk tulisannya..

    Suka

  2. karena itu mengutip dari status kawan aku “orang yang sibuk berbuat baik gak akan sempat untuk berfikir atau melakukan tindakan buruk”

    Maka, kita harus menyibukkan diri dengan perbuatan baik tentunya 🙂

    Suka

  3. Setan itu dekaat dengan nadi manusia, gitu katanya.
    Jaman sekarang makin kuat setan menggoda, semoga bisa senantiasa terhindar. Aamiin.. Aamiin.. Aamiin YRA

    Nice posting, Mas 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s