250-500

Sumber Cahaya Bukan Dari PLN

Pernahkah kita bertanya darimana cahaya dan kegelapan itu bersumber?

Dulu saya pernah terinspirasi dari sepenggal kalimat bijak yang bernada “sesungguhnya kegelapan itu tidak ada, yang ada adalah ketiadaan cahaya”

Kalimat itulah kemudian membuat saya menafsirkan sebuah prinsip dimana pada dasarnya kejahatan (orang jahat) itu tidak ada, yang ada adalah ketiadaan Tuhan dalam diri mereka.

Kegelapan itu bagaikan samudra yang dalam, dimana permukaanya terdapat ombak yang membuat dasar samudra semakin kelam oleh air nan keruh, lalu diatasnya terdapat awan yang gelap.

Mari tengok sebuah ember, semakin banyak kita isi air semakin gelap dasar ember. Apalagi air itu dikeruhkan dengan riak gelombang lalu ditutup pula dengan penutup ember. Makin gelaplah dasarnya.

Setiap materi memiliki sumber kegelapan seperti halnya air, samudra dan awan. Termasuk diantaranya kita manusia. Silahkan berdiri dibawah terik matahari, tentu akan ada bayangan gelap yang mengikuti. Hal ini menunjukan bahwa kegelapan bisa bersumber darimanapun.

Sementara cahaya hanya bersumber pada Tuhan Yang Maha Esa. Matahari terang benderang itu bersumber dari Nya. Api pun juga bersumber dari Nya. Bahkan lampu listrik juga bersumber dari Nya.

Listrik dihasilkan oleh berbagai macam energi, sementara energi itu merupakan ciptaan Nya. Coba kalau tidak ada hujan yang turun, tentu dengan terpaksa PLN akan mematikan lampu di rumah kita karena kurangnya pasokan energi.

Itu baru sekilas cahaya yang tampak oleh mata. Disamping itu ada semacam cahaya yang tidak terlihat, yaitu Cahaya Ilahi. Dimana cahaya yang tak tampak ini merupakan petunjuk Nya untuk kita semua.

Ketika kita melakukan kebaikan, sudah barang tentu perbuatan itu akan memancarkan cahaya berupa manfaat bagi orang lain. Berbuat baik itu sangatlah indah, laksana keindahan rembulan yang mendapatkan pantulan cahaya dari matahari.

Apapun cahaya yang pernah kita kenal ataupun kita pahami, semua cahaya itu bersumber dari Nya.

Iklan

7 thoughts on “Sumber Cahaya Bukan Dari PLN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s