250-500

Air Mata

Sumber : klik gambar

Bila kita merehatkan pikiran sejenak, marilah introspeksi barang sebentar. Kalaupun selama ini lebih banyak melihat orang lain, maka sekarang saatnya untuk melihat diri sendiri.

Tidakkah kita jijik pada diri sendiri. Sesuatu yang keluar dari tubuh seringkali dianggap sebagai hal yang menjijikan. Misal saja soal tinja, walaupun tinja itu keluar dari tubuh kita sendiri tetap saja bau dan menjijikan. Begitupun dengan air keringat, padahal ia keluar dari kulit sendiri namun sepintaspun kita tak akan pernah punya keinginan untuk meminumnya. Bukan hanya itu, air ludah yang sesungguhnya keluar dari mulut, enggan untuk dijilat kembali.

Selain itu, sesungguhnya ada hal paling menjijikan yang keluar dari tubuh kita, yaitu perkataan. Lidah memang tak bertulang, bila kita tidak berhati-hati, bisa saja ucapan yang keluar dari mulut akan melukai perasaan orang lain. Celakanya ucapan bisa menzalimi orang ketika apa yang disampaikan mengandung fitnah.

Lebih elok, kita menjaga ucapan apapun yang dikeluarkan oleh mulut. Jangan sampai perkataan kita lebih kotor dari tinja, jangan sampai kata-kata yang kita lontarkan lebih menjijikan dari pada air ludah.

Lebih bijak apabila kata-kata yang kita ucapkan laksana air mata. Meskipun air mata itu keluar dari tubuh, ia tak pernah membuat siapapun merasa jijik. Air mata membuat seseorang menjadi bersimpati, air mata juga mampu membuat orang lain bahagia, walau terkadang air mata sering menciptakan kesedihan. Sejatinya air mata tak pernah menyakiti hati orang lain, walau kita menangis karena hati yang terluka.

Seperti itu pula dengan perkataan. Walaupun kita tersinggung dengan ucapan dan kata-kata kotor dari orang lain. Tidak serta merta perkataan yang buruk itu dibalas dengan perkataan buruk pula. Bukankah kayu api ditambah dengan api akan membuat api itu semakin membara, maka siramlah dengan air nan sejuk. Balaslah kata-kata buruk itu dengan perkataan baik yang membuat orang bersimpati dan membuat orang lain bahagia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s